NasDem Lampung Launching Posko Pengaduan Kekerasan/Pelecehan Seksual

NasDem Lampung Launching Posko Pengaduan Kekerasan/Pelecehan Seksual

Medialampung.co.id - DPW Partai NasDem Lampung melaunching posko pengaduan bagi korban kekerasan atau pelecehan seksual. Rencananya posko juga ada di seluruh DPD kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

Ketua DPW Partai NasDem Lampung Herman HN mengatakan, sepanjang bulan Januari hingga Desember 2021 banyak terjadi kasus kekerasan pelecehan seksual terhadap perempuan dan anak masih tinggi total ada 239 kasus, namun masih banyak kasus yang belum terjangkau.

“Kekerasan seksual yang tidak terlapor tidak bisa dianggap remeh, oleh karenanya kita membuat Posko Pengaduan Kekerasan Seksual di seluruh pengurus DPD kabupaten kota," ucap Herman HN, Selasa (18/1).

Dengan berdirinya posko ini, dirinya berharap masyarakat bisa mengadukan kasus pelecehan kekerasan seksual yang dialaminya. Selanjutnya akan ada layanan pendampingan hukum, konsultasi, serta layanan recovery mental jangka pendek bekerjasama dengan DAMAR kota Bandarlampung.

Lanjutnya, ia menegaskan data dan kerahasiaan dari pelapor bakal terjaga. Jaminan tersebut, agar penyintas merasa aman untuk mengadukan kasus kekerasan seksual yang telah dialami.

“Pembentukan Posko pengaduan kekerasan seksual ini sebagai bentuk Komitmen Partai NasDem Lampung untuk pencegahan dan penanganan kekerasan seksual Perempuan dan anak di Lampung," paparnya.

Posko Pengaduan kekerasan seksual ini diharapkan dapat menjawab problem kekerasan seksual di berbagai daerah di Provinsi Lampung.

Posko pengaduan ini akan bekerja untuk pendampingan Perempuan dan anak korban kekerasan seksual di Lampung, serta untuk meningkatkan kepedulian dan empati kepada perempuan dan anak korban kekerasan seksual dengan proaktif memberikan pertolongan kepada warga sekitar yang mengalami kekerasan seksual.

“Kita akan bersama-sama melakukan upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan dan anak termasuk dengan menyebarluaskan informasi yang membangun pengetahuan dan kesadaran untuk menghormati hak-hak perempuan," tuturnya.

Diharapkan dengan adanya Posko ini masyarakat lebih berani menyuarakan pengalaman buruknya, dan menjadi pelajaran bersama tentang dampak dari kekerasan/pelecehan seksual.

“Partai NasDem akan Bersama-sama melakukan langkah konkret untuk penghapusan kekerasan seksual di masyarakat," tandasnya.(*/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: