Disbunnak Lambar Siapkan Bantuan 100.000 Bibit Entres Tanaman Kopi

Disbunnak Lambar Siapkan Bantuan 100.000 Bibit Entres Tanaman Kopi

Medialampung.co.id - Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun ini akan menyiapkan bantuan bibit entres tanaman kopi sebanyak 100.000 batang. Bantuan tersebut bersumber dari APBD Lambar tahun 2021.

“Bantuan bibit entres sebanyak 100.000 batang itu akan dialokasikan untuk 20 kelompok tani yang tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Lampung Barat,” ujar Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P mendampingi Kepala Disbunnak Ir. Nata Djudin Amran, Jumat (30/7).

Ia menjelaskan, tujuan dialokasikannya bantuan bibit entres sambungan ini untuk membantu petani agar pohon kopi yang tidak produktif disambung dengan bibit entres klon unggul nasional sehingga diharapkan pada tahun 2023 mendatang produksi kopi di Kabupaten Lambar meningkat.

“Bibit entres klon unggul nasional tersebut seperti halnya BP359, korola satu dan korola dua yang bersumber dari kebun sumber benih yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pertanian di Kecamatan Sumberjaya serta klon unggul produktif lainnya,” kata dia.

Lanjut dia, setiap Poktan akan mendapatkan bantuan sambungan bibit entres 5.000 batang. “Dengan adanya bantuan bibit entres ini dapat memotivasi petani . harapannya ketika tanaman kopinya disambung entres maka tahun 2023 akan berbuah sehingga penghasilan petani akan lebih meningkat,” harapnya.

Selain itu, diharapkan kedepan petani bisa melakukan penyambungan sendiri dengan menggunakan tanaman yang sudah ada. 

“Kita siap untuk memberikan pelatihan kepada petani, jika halnya petani belum ada keahlian melakukan penyambungan bibit entres tanaman kopi,” pungkas dia. (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: