Destinasi Wisata di Lambar Dikunjungi 211.580 Wisatawan

Destinasi Wisata di Lambar Dikunjungi 211.580 Wisatawan

Sekretaris Disporapar Lambar Burlianto Eka Putra, S.H--

Medialampung.co.id - Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lambar mencatat 211.580 orang mengunjungi destinasi wisata unggulan di daerah itu sejak Januari hingga Mei tahun 2022.

“Data kunjungan sejak Januari-Mei 2022, di Destinasi Wisata yang dikelola oleh kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebanyak 211.580 orang, yang didominasi wisatawan nusantara (Wisnu),” kata Sekretaris Disporapar Burlianto Eka Putra, S.H., mendampingi Kepala Disporapar Drs. Nukman, M.M, Kamis (9/6)

Adapun 38 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Lambar, diantaranya wisata alam pohon Pinus Kecamatan Sumberjaya, Temiangan Hill Pekon Trimulyo Kecamatan Gedungsurian, wisata air terjun Cengkaan di Pekon Waypetai Kecamatan Sumberjaya, Puncak Rest Area Sindangpagar Kecamatan Sumberjaya, Wisata Agro Kampung Kopi Pekon Rigisjaya Kecamatan Airhitam. 

Kemudian, wisata air terjun Pekon Tambakjaya Kecamatan Waytenong, wisata Gunungpesagi dan Budaya Pekon Hujung Kecamatan Belalau, wisata alam Bukit Bawang Kecamatan Batubrak, wisata Kebun Raya Liwa, wisata Geotermal Kawah Keramikan, Nirwana dan Danau Lebar Kecamatan Suoh, Wisata Danau Asam Kecamatan Bandarnegeri Suoh, dan Gunungseminung Pekon Kagungan Kecamatan Lumbokseminung.

"Objek wisata yang paling banyak dikunjungi adalah Wisata Alam Pohon Pinus Kecamatan Sumberjaya, dengan kunjungan sebanyak 16.940 orang dan Wisata Alam Puncak Rest Area 15.226 pengunjung, sementara puncak kunjungan di semua destinasi terjadi bulan Mei sebanyak 67.668 orang," katanya.

Diharapkan menggeliatnya kunjungan wisatawan ke objek-objek wisata di Kabupaten Lambar tentunya turut berdampak positif terhadap pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat. 

“Sektor pariwisata merupakan salah satu program unggulan Lampung Barat dalam meningkatkan kunjungan, pendapatan daerah dan perekonomian masyarakat,” tegasnya. 

Lebih jauh Burlianto mengatakan, sebanyak 211.580 pengunjung wisatawan itu rinciannya bulan Januari sebanyak 35.842 orang dan bulan Februari 35.951 orang, bulan Maret 42.824 orang, bulan April 29.295 orang dan bulan Mei 67.668 orang. 

 

”Data kunjungan ini murni dari laporan Pokdarwis yang tersebar di 38 destinasi wisata. Kita berharap pengunjung destinasi wisata di Lampung Barat terus mengalami peningkatan,” pungkas dia. (lus/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: