Peratin Sulistiyo Pastikan Pekon Sidomulyo Dukung Penuh 5 Pilar STMB

Peratin Sulistiyo Pastikan Pekon Sidomulyo Dukung Penuh 5 Pilar STMB

--

Medialampung.co.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Lampung Barat (Lambar) melakukan Pemicuan, Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat bertempat di balai pekon setempat, Kamis (9/6).

Kepala UPT Puskesmas Pagardewa Desmalia, S.St., mengatakan, STBM tersebut merupakan program tindaklanjut pemerintah dari program sebelumnya, stop buang air sembarangan atau Open defecation free (ODF).

Dimana lima pilar STBM itu adalah stop buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengolahan makanan dan minuman rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga.

"Kegiatan pemicuan STPBM yang telah dilaksanakan di Kecamatan Pagardewa untuk tujuh pekon. Artinya tinggal tiga pekon yang belum yakni Basungan, Pahayujaya Dan Sukajaya," sebutnya.

Dijelaskan Desmalia, pemicuan STBM oleh Dinkes ialah memberikan pemahaman kepada masyarakat apa itu Lima Pilar STBM, untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik lingkup keluarga atau masyarakat.

Dan atas ajakan tersebut. Selain adanya pemahaman perlunya dorongan dari pemerintah terkait. Seperti di pekon adanya peran pemerintah pekon.  

Dicontohkannya seperti stop buang sampah sembarangan, pihak pekon melakukan inovasi agar warga tidak buang sampah sembarangan, menyiapkan fasilitas sampah. Bahkan melakukan koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) begitu pun yang lainnya. 

 

Peratin Sidomulyo Sulistiyo mengatakan, pihak pekon sangat mendukung dan akan berupaya dalam meraih tercapainya Pemicu 5 pilar STBM untuk menjadikan pekon tersebut menjadi pemukiman sehat dan terhindar dari terjadinya, kondisi gagal tumbuh akibat kekurangan gizi di seribu hari pertama kehidupan anak. Kondisi ini berefek jangka panjang hingga anak dewasa dan lanjut usia (Stunting). (r1n/mlo)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: