Dibangun Tahun Ini, Warga Keramatjaya Gotong Royong Siapkan Badan Jalan 

Dibangun Tahun Ini, Warga Keramatjaya Gotong Royong Siapkan Badan Jalan 

Medialampung.co.id - Puluhan warga Pemangku Keramatjaya, Pekon Batukebayan, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat melaksanakan gotong royong menata badan jalan produksi untuk menyongsong pembangunan yang akan dilaksanakan tahun ini bersumber alokasi dana desa tahun 2022.

Peratin Batukebayan Murtoyo yang turut memimpin pelaksanaan kerja bakti itu mengatakan, kegiatan dilaksanakan dengan melakukan pelebaran pada sisi kiri dan kanan badan jalan. Mengingat jalan itu merupakan akses untuk mengeluarkan hasil bumi maka tahun ini pihaknya akan melakukan peningkatan dengan membangun rabat beton sepanjang 26 meter dengan lebar 2 meter. 

“Warga sangat antusias menyambut pembangunan jalan ini, sehingga mereka bergotong royong menata lokasinya, karena dengan mulusnya akses jalan ini nanti akan mendukung kelancaran mobilitas mereka dalam beraktivitas sehari-hari baik bertani atau berkebun,” ucap Murtoyo. 

Terus dia, meski hanya menggunakan peralatan seadanya namun tak mengurangi semangat warga untuk menata badan jalan yang pembangunannya telah lama dinanti tersebut. 

“Kondisi jalan yang sempit dan berada di tengah perkebunan warga ini mengharuskan ada pelebaran sisi kiri dan kanan jalan, karena hanya mengandalkan peralatan manual kerjanya memang agak sulit dan lebih berat, namun karena adanya kegotong royongan warga, bisa lebih ringan,” kata dia.

Terkait program peningkatan akses jalan di wilayah tersebut, dia menambahkan, bahwa sesuai kondisi geografis wilayah yang berbukit dan kebutuhan dasar, maka fokus pembangunan diantaranya masih terkait infrastruktur atau peningkatan akses jalan. 

“Mengingat 80 persen warga kita merupakan petani kopi maka prioritas dana desa ini diantaranya masih untuk peningkatan infrastruktur atau di setiap tahun pembangunan terfokus pada akses jalan,” jelasnya.

Sebab, dengan dukungan sarana jalan yang baik dan memadai maka dapat menunjang aktivitas warga untuk kegiatan yang dilakukan sehari-hari.

“Dengan adanya kegiatan pelebaran jalan rabat beton ini, kami harapkan nantinya dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya bidang transportasi agar lebih mudah dan lancar,” harapnya.

Ia juga berterima kasih kepada warga yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan kerja bakti dan bergotong royong tersebut.

“Semoga dengan dengan adanya kegiatan ini dapat semakin mempermudah akses transportasi, serta dapat mempererat tali persaudaraan antar warga,” harapnya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: