Camat Airhitam Tidak Tahu Warganya Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Baznas

Camat Airhitam Tidak Tahu Warganya Dapat Bantuan Bedah Rumah dari Baznas

Medialampung.co.id -  Menindaklanjuti keluhan terhadap realisasi program bedah rumah program  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) di beberapa pekon, Kecamatan Airhitam.

Seperti pertanyaan tentang prosedur penyaluran bantuan kepada masyarakat yang dianggap layak menerima, serta pengakuan peratin yang tidak mengetahui tentang perjalanan warga penerima bantuan. 

Ternyata saat dikonfirmasi Camat Airhitam Drs Dahlin, M.Pd., juga mengakui awalnya juga tidak mengetahui terkait penyaluran bantuan bedah rumah tersebut, karena memang tidak ada pemberitahuan dari pekon maupun petugas terkait. 

"Saya baru tahu ketika ada surat bahwa Pak Bupati akan berkunjung ke Kecamatan Airhitam, akhir tahun kemarin yang akan menyerahkan beasiswa dan bantuan bedah rumah," tegasnya. 

Pihaknya menyebutkan akan mencoba berkoordinasi dengan peratin pekon penerima bantuan tersebut. "Nanti saya coba koordinasi dengan peratin, untuk kejelasannya," singkatnya.

Sebelumnya, Prosedur bantuan Bedah Rumah dari Baznas Lambar. Dimana bantuan yang sedianya dibantukan kepada mustahik (fakir miskin) di Kecamatan Airhitam dipertanyakan sistem administrasinya dan proseduralnya.

Lantaran bantuan yang digulirkan tersebut diterima warga untuk bangun rumah baru. Sedangkan diketahui bedah rumah seperti perbaikan (renovasi) rumah tidak layak huni.

Dan jika memang seperti itu prosedurnya tentunya menjadi kabar baik bagi masyarakat terutama yang hendak bangun rumah untuk mengajukan usulan agar dapat bantuan juga. 

Sebelumnya Peratin Sumberalam M. Husain menyebutkan pihaknya tidak mengetahui terkait adanya bantuan bedah rumah kepada warganya tersebut.  

"Mohon maaf saya juga baru tau dua hari sebelum pembagian bantuan secara simbolis oleh Pak Bupati, jika ada warga saya di Pekon Sumberalam yang menerima bantuan bedah rumah," terangnya. 

Begitu juga keterangan  Peratin Sinarajaya Suparjo, yang juga  tidak tahu ada warganya yang mendapatkan bantuan bedah rumah.

"Iya saya juga baru tau ada warga saya dapat bantuan, sebelum  pembagian oleh Pakcik. Dan dari awal tidak ada rekomendasi atau lainnya yang ditujukan ke saya," katanya.

Namun, Suparjo mensyukuri atas bantuan itu sebab kebetulan warga yang mendapatkan bantuan memang masih bangun rumah.

"Saya taunya warga yang dapat bantuan bedah rumah, memang sedang bangun rumah," katanya. (r1n/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: