Bupati Tanggamus Hadiri Rakornas Investasi 2020

Bupati Tanggamus Hadiri Rakornas Investasi 2020

Medialampung.co.id - Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani menghadiri rapat  koordinasi nasional (Rakornas) Investasi 2020 Kamis (20/2).

Kegiatan yang berlangsung di The Rizts Carlton Jakarta Pacific Place, Sudirman Central Business District Karbuk SCBD Kartup Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53  Jakarta itu di buka langsung Presiden RI Joko Widodo.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Dahadahlia dalam laporannya menyampaikan Rakornas investasi kali ini sangat penting dalam rangka melakukan percepatan investasi dengan harmonisasi kebijakan pusat dan daerah.

Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya menekankan pentingnya investasi untuk membangun sebuah negara.

"Investasi memberikan arus modal masuk, terutama ke daerah-daerah yang menjadi pusat kegiatan usaha. Modal tersebut akan menggerakkan perekonomian daerah, " ujar Joko Widodo.

Kepada peserta, Jokowi sapaan akrab presiden mengingatkan bahwa investor itu tidak hanya yang asing dan memiliki modal besar, namun UMKM maupun usaha perorangan, juga investor yang harus dilayani.

Oleh karena itu, Presiden mengimbau agar BKPM, DPMPTSP, pemerintah pusat dan daerah agar melayani usaha-usaha kecil itu dan mempermudah perizinannya sehingga para pengusaha ini mendapat akses permodalan yang lebih mudah.

"Saya ingin PTSP dari seluruh Indonesia berikan, gagasan dengan berikan  kecepatan, investasi, dan  masalah lainnya," harap Presiden.

Kemudian terkait dengan usulan dan harapan dari para bupati dan Kepala Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu ( BPMPTSP) se-Indonesia agar diberikan dana alokasi khusus, presiden  langsung perintahkan menteri keuangan untuk menganggarkan.

"DAK akan diberikan kepada Dinas PTSP se-Indonesia, dimana dana tersebut bisa dipakai untuk sosialisasi, perbaikan management sistem didalam sehingga cepat melayani masyarakat, "kata Presiden.

Sementara Bupati Tanggamus melalui Sekdakab Tanggamus, Hamid H.Lubis mengatakan, Pemkab Tanggamus sudah mulai melakukan atau meletakkan pondasi  ramah investasi dan selalu menggaungkan program yang bergerak dalam memajukan produktifitas hasil pertanian dan  menjadikan Tanggamus sebagai sasaran  bagi investor salah satunya terkait percepatan kawasan industri Kabupaten Tanggamus yang sudah masuk dalam RPJMN dan  Prioritas Program Strategis Nasional.  "Ini juga merupakan salah satu upaya kita," kata Hamid Hubis

Kegiatan yang mengambil tema "Dengan Tema Investasi Untuk Indonesia Maju" tersebut, selain bupati juga dihadiri Sekda Tanggamus Hamid H Lubis, Kepala Dinas Badan Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP) Tanggamus, Supardi Syarkawi, Kabid Praswil Bappelitbang, Bastanta Sebayang dan Kabid Penanaman Modal Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu.(rls/ral/ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: