Anggota Polres Pringsewu Pemegang Senjata Jalani Tes Psikologi

Anggota Polres Pringsewu Pemegang Senjata Jalani Tes Psikologi

Medialampung.co.id - Anggota Polres Pringsewu yang selama ini memegang senjata api menjalani Mapping (tes) Psikologi yang digelar oleh Tim Psikologi Biro SDM Polda Lampung  di Aula Kolam renang Paris Pajaresuk Pringsewu, Rabu (22/7).

Tes psikologi yang  sifatnya wajib bagi anggota pemegang senpi, di samping penilaian dari atasan yang bersangkutan  dipimpin oleh Iptu putu Deni selaku Paur Psipol  Biro SDM Polda Lampung  beranggotakan Ipda Mukhlis dan Briptu Nedian.

"Ratusan personil Polres Pringsewu tersebut menjalani  tes dari segi kecerdasan dan kepribadiannya (pengendalian diri dan kestabilan emosi)," terang Iptu Putu Deni.

Tes psikologi tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi mental dan kepribadian personil utamanya dalam mengontrol emosi saat melaksanakan tugas di lapangan. 

Kabag Sumda AKP Sukamso, S.Pd mewakili Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK  mengatakan, tes psikologi bagi anggota kepolisian  rutin dilaksanakan sekali dalam  waktu 6 bulan.

"Dinilai perlu untuk mencegah dan mendeteksi adanya gangguan psikologis yang dialami aparat kepolisian yang dapat memicu tindakan yang berbahaya," jelasnya.

Tes psikologi sangatlah penting artinya bagi pimpinan untuk mengambil kebijakan dalam mengambil keputusan meminjam pakaikan senpi kepada personil yang bertugas di lapangan.(sag/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: