Akibat Tebing Longsor, Jalan Pemangku 1 Pekon Luas Terancam Putus

Akibat Tebing Longsor, Jalan Pemangku 1 Pekon Luas Terancam Putus

Medialampung.co.id - Jalan usaha tani sekaligus akses utama menuju pemangku 1 Way Susuk, Pekon Luas, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat terancam putus akibat bencana tebing longsor yang terjadi beberapa waktu lalu.

Usai meninjau lokasi, Camat Batuketulis Sri Handayani yang didampingi sejumlah pejabat kecamatan meminta agar masyarakat dan aparatur pemerintah pekon dapat segera melakukan upaya kedaruratan guna mengantisipasi kerusakan yang lebih parah.

"Melihat kondisinya saat ini diperlukan penanganan sementara dengan membuat pagar bambu dan plang peringatan supaya masyarakat atau pengendara bisa waspada. Kemudian, untuk mencegah kerusakan yang lebih parah, masyarakat dan aparatur pekon bisa membuat talud sementara untuk menahan air seperti menggunakan karung yang diisi pasir," kata Sri di lokasi.

Sri menjelaskan, tebing longsor itu memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan panjang sekitar 25 meter dan longsor tersebut disebabkan oleh hujan lebat yang mengakibatkan saluran drainase di lokasi tidak mampu menampung debit air, sehingga meluap dan menggerus tebing hingga longsor.

"Bencana ini sudah kita laporkan ke Pemkab Lambar melalui pihak BPBD dan sembari menunggu penanganan, kami harap upaya kedaruratan tadi bisa segera dilakukan oleh masyarakat dan aparatur pekon setempat," pesannya.

Sementara itu, Peratin luas Haidir menambahkan bahwa jalur itu merupakan akses utama menuju Pemangku 1 Way Susuk dan merupakan jalan usaha tani yang banyak diakses oleh masyarakat setempat. 

Dengan demikian pihaknya berharap Pemkab Lambar dapat segera melakukan penanganan permanen di samping upaya penanganan sementara yang akan dilakukan oleh pihaknya.

"Jalan ini menjadi sarana vital bagi masyarakat utamanya petani, untuk kami harap pemkab bisa segera mengambil langkah penanganan, karena upaya kedaruratan yang akan kita lakukan tentu tidak bertahan lama, dan sewaktu-waktu jalan ini bisa saja putus," pintanya.(edi/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: