57,52 Ton Beras Cadangan Pangan Dititip di Bulog 

57,52 Ton Beras Cadangan Pangan Dititip di Bulog 

Medialampung.co.id -  Dalam rangka antisipasi bencana. Pemkab Lambar melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menyiapkan stok cadangan pangan pemerintah daerah.

Kabid Ketersediaan, Cadangan dan Kerawan Pangan Rusman, S.Sos, M.M mendampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Ruspan Anwar, S.H, mengungkapkan hingga Kamis (6/8) jumlah stok cadangan pangan pemerintah daerah untuk beras sebanyak 7,520 kilogram (7,52 ton) dan gabah 166 kilogram (pengadaan tahun 2018) serta beras sebanyak 50.000 kilogram (50 ton) berasal dari dana Covid-19 tahun 2020 (dana tak terduga) Kabupaten Lambar.

“Cadangan pangan berupa beras sebanyak 57,52 ton atau 57,520 kilogram tersebut kita titipkan di Bulog Liwa, sedangkan untuk gabah disimpan di Gudang Pangan Dinas Ketahanan Pangan di Pekon Sebarus,” kata Rusman, Kamis (6/8).

Menurut Rusman, untuk cadangan beras pemerintah tersebut, selama ini dititipkan di Bulog Liwa karena selama ini pemerintah daerah belum ada gudang penyimpan beras yang memenuhi standar.

“Cadangan beras tersebut diperuntukkan sebagai cadangan untuk mengantisipasi ada permintaan korban dampak wabah Covid-19 dan bencana alam lainnya. Sepanjang ada permintaan atau usulan baik dari organisasi perangkat daerah (OPD) maupun kecamatan dan pekon yang disampaikan kepada kami maka kita siap untuk mendistribusikannya,” kata dia.

Pihaknya berharap dengan adanya program bantuan  cadangan beras pemerintah ini dapat meringankan beban masyarakat yang memang benar-benar membutuhkannya.

“Intinya kita siap menyalurkan sepanjang ada permintaan dari OPD, seperti halnya dari Dinas Sosial,” tegasnya.  (lus/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: