27 Pekon Masih Blank Spot, Diskominfo Tanggamus Usulkan Pemasangan BTS ke BAKTI

27 Pekon Masih Blank Spot, Diskominfo Tanggamus Usulkan Pemasangan BTS ke BAKTI

Medialampung.co.id - Sebanyak 27 Pekon (Desa) di Kabupaten Tanggamus masih belum tersentuh sinyal telekomunikasi atau Blank spot. Karenanya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus berupaya agar sejumlah daerah itu tercover jaringan atau sinyal telekomunikasi. 

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Derius Putrawan mewakili Kepala Dinas Kominfo Tanggamus, Edi Narimo mengatakan, ke-27 Pekon itu berada di 7 Kecamatan. 

Antara lain, di kecamatan Pematang Sawa, Cukuh balak, Kelumbayan, Ulubelu dan beberapa kecamatan lainnya. 

Terkait penanggulangan blank spot di sejumlah daerah itu, Pemkab Tanggamus telah mengusulkan agar dapat dilakukan pemasangan tower Base Transceiver Station (BTS) kepada Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo.

“Bahkan bupati Tanggamus Dewi Handajani dan Sekkab Hamid Heriansyah Lubis juga pernah datang langsung ke BAKTI Kemenkominfo guna menyampaikan langsung agar daerah yang masih blank spot tersebut dipasang tower BTS,” terang Derius, Senin (17/1). 

“Dan pihak BAKTI merespon positif usulan tersebut. Tapi usulan pemasangan BTS belum dapat langsung dilakukan, karena mereka masih fokus untuk pembangunan daerah Terpencil, Terluar dan Tertinggal (3T), dimana Kabupaten Tanggamus tidak masuk dalam daerah 3T tersebut,” ungkap Derius. 

Namun, lanjutnya, sebagai solusi sementara mengatasi Blank spot pihak BAKTI memberikan bantuan perangkat Wi-Fi yang langsung akses melalui satelit, untuk dipasang pada daerah masih blank spot. 

“Tahap awal, BAKTI Kemenkominfo telah memberikan bantuan sebanyak 30 perangkat Wi-Fi. Dan beberapa waktu lalu telah dipasang pada sejumlah titik di kecamatan Pematang Sawa dan Kecamatan Semaka,” pungkasnya.(ehl/mlo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: