KAI Divre IV Tanjung Karang Hadirkan Layanan Rail Clinic di Ketapang

Kamis 03-10-2024,16:40 WIB
Reporter : Arif Setiawan
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) IV Tanjung Karang kembali melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial & Lingkungan (TJSL) melalui layanan kesehatan Rail Clinic pada Rabu, 3 Oktober 2024.

Layanan ini berlokasi di Kelurahan Ketapang, Kecamatan Sungkai Selatan, Kabupaten Lampung Utara.

Manager Humas Divre IV Tanjung Karang, Azhar Zaki Assjari, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-79 KAI, yang mengundang 250 warga Kelurahan Ketapang serta siswa sekolah dasar di sekitar lokasi.

"Melalui program TJSL Rail Clinic, kami menyediakan pelayanan kesehatan primer atau pelayanan tingkat pertama dengan menggunakan generasi ke-3 dari Rail Clinic," ujar Zaki.

BACA JUGA:Gedung MPP, Pemkot Bandar Lampung Siap Mengoperasikan Program Seribu Wajah

Pelayanan kesehatan yang diberikan meliputi pemeriksaan umum, gigi, kebidanan, mata, laboratorium sederhana, serta penyuluhan kesehatan oleh Tim Kesehatan Divre IV Tanjung Karang.

"Tim kesehatan kami terdiri dari 22 orang, termasuk 2 dokter umum, 1 dokter gigi, dan sisanya paramedis," tambahnya.

Selain layanan kesehatan, KAI Divre IV Tanjung Karang juga mengadakan penyuluhan kesehatan gigi dan membagikan 25 kacamata baca kepada murid SD Negeri 1 Ketapang. Mereka juga memberikan sosialisasi terkait keselamatan perjalanan kereta api yang disampaikan oleh Polsuska Divre IV Tanjung Karang. Tak hanya itu, bantuan berupa sarana olahraga, seperti bola sepak, bola voli, dan net, turut diserahkan kepada masyarakat Kelurahan Ketapang.

Zaki berharap, dengan pemberian sarana olahraga tersebut, warga dapat melakukan aktivitas positif di lingkungan mereka dan menghindari kegiatan di sekitar jalur kereta api yang dapat membahayakan keselamatan.

BACA JUGA:Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kapolresta Bandar Lampung Tekankan Pentingnya Nilai-Nilai Pancasila

Sebelumnya, pada Rabu, 18 September 2024, layanan kesehatan Rail Clinic juga telah diselenggarakan di Kelurahan Srengsem.

"Dengan hadirnya Rail Clinic ini, kami berharap tingkat kesehatan masyarakat di sekitar stasiun dan jalur kereta api semakin membaik. Kami juga mengimbau agar warga yang tinggal dekat dengan stasiun atau rel kereta api turut menjaga keamanan perjalanan dan aset milik PT KAI," tutup Zaki.

Kategori :