Peringati Hantaru, Pj Gubernur Samsudin Ajak BPN Lampung Terus Berkarya Wujudkan Indonesia Emas 2045

Selasa 24-09-2024,15:05 WIB
Reporter : Dedi Andrian
Editor : Budi Setiawan

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, mengajak seluruh jajaran Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Lampung untuk terus melanjutkan kerja, berkarya, dan mengabdi demi masyarakat, bangsa, dan negara, dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Ajakan ini disampaikan oleh Pj Gubernur Samsudin saat memimpin Upacara Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Tahun 2024 dengan tema "Semangat Hantaru, Pembangunan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045" yang berlangsung di Halaman Kantor Wilayah Kementerian ATR/BPN Provinsi Lampung, Bandarlampung, pada Selasa, 24 September 2024.

Samsudin menekankan bahwa Kementerian ATR/BPN memiliki peran strategis dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, dengan memastikan kepastian hukum atas hak tanah yang menjadi fondasi penting bagi masyarakat.

"Tanah yang dimiliki masyarakat harus diakui secara legal oleh negara. Hal ini kami wujudkan melalui Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)," kata Samsudin, saat membacakan sambutan dari Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Dorong Unila Jadi Institusi yang

BACA JUGA:Jelang Pilkada, Bawaslu Lampung Gelar Deklarasi Kampanye Damai

Upacara Hantaru diawali dengan pembacaan sejarah pembentukan Kementerian ATR/BPN.

Samsudin juga memaparkan keberhasilan kementerian dalam mempercepat pendaftaran tanah, di mana jumlah bidang tanah terdaftar meningkat dari 46 juta pada tahun 2017 menjadi 117,9 juta pada September 2024, menunjukkan peningkatan 250% dalam tujuh tahun terakhir.

"Ini adalah pencapaian luar biasa yang patut dibanggakan," tambahnya.

Samsudin juga menyoroti pentingnya tata ruang yang efektif dalam mendukung kemudahan investasi di daerah. 

BACA JUGA:27 Kasus Kebakaran Terjadi di Bandar Lampung Hingga 23 September 2024

BACA JUGA:Dampak Fenomena Badai Matahari: Dari Pemadaman Listrik Hingga Aurora Borealis

Perencanaan tata ruang yang terintegrasi, kemudahan perizinan, serta kepastian hukum yang memperhatikan keberlanjutan dan dampak lingkungan menjadi kunci utama untuk menarik investasi.

Di akhir acara, Samsudin menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya atas kerja keras dan dedikasi seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN yang telah menghasilkan berbagai pencapaian dan penghargaan. 

Dalam upacara tersebut, Pj Gubernur Samsudin, didampingi oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi Lampung, Kalvyn Andar Sembiring, menyematkan Satyalancana Karya Satya, menyerahkan SK Purna Bakti, serta sertifikat hak atas tanah.

Kategori :