Waduh! Selama 7 Bulan 12 Kasus Kekerasan Anak Terjadi di Lampung Barat

Selasa 30-07-2024,20:43 WIB
Reporter : Lusiana Purba
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kasus kekerasan terhadap anak yang terjadi di Kabupaten Lampung Barat terus bertambah.

Berdasarkan data dari Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) hingga Juli tercatat sebanyak 12 kasus kekerasan terhadap anak terjadi di kabupaten setempat.

“Hingga Juli ini sudah ada 12 kasus kekerasan terhadap anak terjadi di Lampung Barat dan korbannya mencapai puluhan orang,” tegas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) M Danang Harisuseno, S.Ag, M.H, Selasa 30 Juli 2024.

Danang mengungkapkan, kasus kekerasan terhadap anak tersebut, antara lain terjadi di Kecamatan Balik Bukit, Kecamatan Belalau, Kecamatan Way Tenong, Kecamatan Batu Ketulis, Kecamatan Kebun Tebu, dan Kecamatan Sumberjaya serta Kecamatan Sekincau.

BACA JUGA:Mantan Dirresnarkoba Polda Lampung Kini Jabat Dirresnarkoba Polda Banten, GRANAT Ucapkan Selamat

“Rata rata kasus persetubuhan terhadap anak dibawah umur,” kata dia.

Terkait banyaknya kasus kekerasan terhadap anak tersebut, Danang berharap adanya peran orang tua/keluarga agar dapat membangun komunikasi yang baik dengan anak.

“Mengingat kekerasan terhadap anak bukan hanya tanggung jawab orang tua maka kita menghimbau masyarakat agar peduli terhadap perlindungan anak,” ucap dia.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat Lampung Barat khususnya yang mengetahui dan mengalami kekerasan perempuan dan anak agar tidak segan-segan untuk melaporkan kepada DP2KBP3A agar segera mendapat pendampingan.

BACA JUGA:Polda Lampung Ringkus Pungli di Jalinsum Lampung Utara, 3 Orang Diamankan

“Kalau ada yang mengetahui dan mengalami kekerasan perempuan dan anak, kita harapkan segera melapor supaya kita lakukan pendampingan terhadap korban,” tutupnya.*

Kategori :