PMI Lambar Gelar Seleksi Peserta Jumbara PMR Tingkat Nasional 2023

Senin 08-05-2023,15:31 WIB
Reporter : Lusiana Purba
Editor : Budi Setiawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lampung Barat menggelar Seleksi Peserta Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) PMR Tingkat Nasional tahun 2023 di Markas PMI, Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, Senin (8/5/2023)

Sekretaris PMI Lambar Vicky Andreas Fiqrullah mendampingi Ketua Edi Novial mengungkapkan, bahwa PMI Lambar menyeleksi 10 orang pelajar yang masuk dalam 10 besar penilaian pada saat Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) PMR di Kecamatan Kebun Tebu 2022 tahun lalu.

BACA JUGA:Diskoperindag Lambar Beri Pendampingan 50 IKM untuk Dapatkan PIRT

"Seleksinya secara tertulis dan wawancara yang kita laksanakan hari ini, Senin (8/5/2023) bertempat di Markas PMI dan untuk seleksi wawancara langsung oleh Ketua Bidang Relawan dan PSD Ibu Cahyani Susilawati," ungkap Vicky, Senin (8/5/2023).

Vicky memaparkan,  adapun ke-10 pelajar yang ikuti seleksi Kontingen Jumbara PMR Tingkat Nasional ke IX tahun 2023 yaitu Azahra Putri Kinara, Muhammad Faqih, Novan Lufhian Fachry, Ketiganya adalah PMR SMPN 1 Kebun Tebu. 

BACA JUGA:Camat Nowo Ajak Manfaatkan Bantuan PKH Tepat Guna

Kemudian Salsa Rahayu A, Widi Fitriana, Ade Anjar Nurzaman, ketiganya adalah PMR dari SMPN 2 Kebun Tebu, selanjutnya Anakita Bening Zamzani dan Alfia Niswatun Soleh dari PMR SMPN 1 Air Hitam, serta  Muhammad Ahnaf Izaz dari SMPN 1 Way Tenong dan terakhir Refki Suhendra PMR SMPN 2 Way Tenong. 

Lebih jauh Lebih Vicky mengatakan, tahapan seleksi Tingkat Kabupaten Lampung Barat itu dilaksanakan terhadap 10 orang anggota PMR tingkat Madya (SMP Sederajat) yang penilaian awal telah diperoleh pada saat DIKLAT PMR pada tahun 2022. 

BACA JUGA:Ini Dampak Positif dan Negatif dari Fenomena La Nina

“Peserta yang lulus seleksi dengan nilai tertinggi sebanyak dua orang terdiri dari putra dan putri, selanjutnya akan direkomendasikan untuk mengikuti Training Center oleh PMI Provinsi Lampung pada tanggal 15-20 Mei 2023 di Wira Garden, Bandar Lampung,” tegasnya. 

Sementara itu, Ketua Bidang Relawan dan PSD PMI Lambar Cahyani Susilawati menjelaskan bahwa Materi Wawancara terhadap para peserta seleksi Jumbara PMR tingkat nasional itu meliputi pengetahuan umum dan ke PMI, keterampilan komunikasi, serta dukungan ortu dan sekolah. 

BACA JUGA:Raih Opini WTP Ke-9, Arinal Berharap Kualitas Laporan Keuangan Dapat Terus Ditingkatkan

“Jumbara nasional ini kegiatan lima tahunan yang diikuti seluruh kabupaten/kota se-Indonesia. Seleksinya cukup ketat dan yang dikirim adalah mereka yang memiliki kemampuan atau bakat di bidang PMR, yang lolos seleksi dari Lampung Barat akan masuk bersama Kontingen PMI Provinsi Lampung dalam Kegiatan JUMBARA PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 pada tanggal 2-10 Juli 2023 bertempat di Agro Wisata Way Handak, Kabupaten Lampung Selatan," pungkas Susi.*

 

Kategori :