Cegah Stunting, IBI Lambar-Puskesmas Batubrak Edukasi Para Bumil

Jumat 30-09-2022,15:59 WIB
Reporter : Edi Prasetya
Editor : Budi Setiyawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Untuk mendukung program pemerintah dalam rangka pencegahan stunting, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Lampung Barat bersama UPT Puskesmas Batubrak melakukan sosialisasi pentingnya perawatan kehamilan dan pemberian makanan yang tepat bertempat di aula Puskesmas setempat, Jumat (30/9/2022).

Kegiatan yang diikuti puluhan ibu hamil dari 11 pekon di kecamatan Batubrak itu mengajarkan tentang pentingnya merawat kehamilan dan memberikan makanan yang tepat bagi calon buah hati agar tumbuh sehat dan terbebas dari stunting.

Hadir selaku pemateri Ketua IBI Lambar, Eva Sudiana, S.ST, kepala Puskesmas Batubrak Nezwan, S.K.M, serta para bidan desa.

Membuka kegiatan itu, kepala Puskesmas Batubrak Nezwan berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan edukasi itu dengan serius sehingga dapat memahami pentingnya perawatan kehamilan sejak dini.

BACA JUGA:Jum'at Bersih di Batuketulis, Camat dan Kapuskesmas Bersihkan Gorong-gorong

“Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian para ibu hamil yaitu pertama harus rajin memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat selama masa kehamilan, kemudian di imbau agar prosesi lahiran ditangani oleh tenaga kesehatan atau di puskesmas,” ujarnya.

Selain itu, kartu jaminan kesehatan atau BPJS harus segera diaktifkan sebelum atau menjelang melahirkan. Terakhir masyarakat khususnya orang tua diimbau agar aktif membawa anak balitanya ke posyandu.

“Dengan mengikuti tahapan itu maka seluruh proses kelahiran mudah-mudahan berjalan lancar dan generasi kita sehat dan terbebas dari stunting,” pesannya.

Sementara, Ketua IBI Lambar Eva Sudiana berharap dengan sosialisasi ini dapat memberikan wawasan bagi ibu hamil dan wanita usia produktif mengenai pentingnya kesehatan bagi ibu dan janin. 

BACA JUGA:Pertamina Sediakan Terminal Aspal Curah di Bandar Lampung

“Ini merupakan bentuk kampanye yang kami lakukan untuk menurunkan angka stunting di Lambar khususnya di Kecamatan Batubrak. Melalui sosialisasi ini kita berharap para kaum ibu semakin memahami pentingnya perawatan pada masa kehamilan serta pemenuhan Kebutuhan Gizi karena Asupan gizi ibu hamil merupakan faktor penting, baik untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil maupun pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungannya,” pungkasnya.(edi/mlo)

 

Kategori :