Miliki 308 Inovasi, Pemkab Lambar Optimis Lima Besar IGA 2021

Selasa 07-09-2021,13:09 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id – Tahun 2021 ini Pemkab Lampung Barat memiliki sebanyak 308 inovasi daerah, jumlah tersebut jauh lebih banyak dari tahun 2020 lalu yang hanya sebanyak 156 inovasi. Dengan 156 inovasi pada tahun 2020 tersebut, Lambar masuk enam besar kabupaten terinovatif di Indonesia pada penilaian Innovative Government Award (IGA). Karena itu tahun 2021 ini Pemkab setempat optimis akan masuk lima besar pada ajang bergengsi tingkat nasional tersebut.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Lambar Paijo, SKM, M.Kes., mengungkapkan, saat ini penilaian IGA 2021 sudah memasuki tahapan penilaian input inovasi yang akan ditutup tanggal 17 September mendatang, yang selanjutnya menunggu jadwal untuk pelaksanaan presentasi oleh bupati Lambar. 

”Nantinya setelah penilaian berlangsung akan diambil sebanyak 10 kabupaten, 10 kota dan lima Provinsi terinovatif, dan selanjutnya akan dilakukan penilaian lanjutan, dan dengan jumlah inovasi yang kami sampaikan kami optimis bahwa pada IGA tahun ini Lambar akan masuk lima besar kabupaten terinovatif,” ujarnya. 

Dijelaskan Paijo, 308 Inovasi tersebut berasal dari perangkat daerah, kecamatan, puskesmas dan pekon. Namun 90 persen dari jumlah inovasi tersebut merupakan inovasi dari perangkat daerah, mengingat untuk kecamatan, puskesmas dan pekon belum diwajibkan untuk mengikutsertakan inovasi.

”Sesuai dengan kategori lomba yang diadakan oleh pemerintah pusat, ada tiga macam inovasi yakni pertama inovasi terkait dengan administrasi, inovasi pelayanan publik, dan inovasi lainnya yang sesuai dengan perundang-undangan,” kata dia.

Sementara disinggung soal inovasi yang diunggulkan, menurut Paijo, nantinya seluruh inovasi tersebut akan dibahas oleh tim dan akan ditetapkan salah satu inovasi unggulan. Pada tahun 2020 lalu, Ambulance Hebat menjadi inovasi yang diunggulkan, dan pada tahun 2021 ini inovasi tersebut tidak lagi diikutsertakan pada ajang IGA.

”Dari 156 inovasi tahun lalu hanya 90 inovasi yang kita ikut sertakan kembali di IGA 2021, karena memang untuk inovasi lainnya seperti ambulance hebat tidak diikutsertakan lagi,” pungkas mantan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lambar tersebut. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait