Melalui Dana Desa, Kampung Gunung Baru Bangun Sumur Bor

Rabu 24-11-2021,17:59 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Guna memenuhi Kebutuhan air bersih bagi warganta, khususnya di Dusun II, Melalui Dana Desa pemerintah Kampung Gunung Baru Kecamatan Gunung Labuhan membangun sumur Bor.

"Pembuatan sumur bor ini.merupakan realisasi bidang Kesejahteraan Masyarakat sebagai upaya pemkam mencukupi kebutuhan air bersih warga dalam upaya pencegahan kekurangan air bersih pada musim kemarau," ujar M.Amim, S.Pd., Kepala Kampung Gunung Baru. 

Menurut Amin, dengan adanya sumur bor tersebut akan lebih meningkatkan penerapan pola hidup sehat masyarakat dan penanganan lebih cepat untuk mendapatkan kebutuhan air bersih. 

Selain Sumur Bor, kata Amin, ada alokasi pembangunan sumur bor dan menara Pamsimas di titik lokasi Dusun 3 melalui anggaran dana dari pusat atau APBN. 

“Realisasi pekerjaan dari APBN dengan kontribusi dari swadaya masyarakat Yang dibangun pada masa Pejabat Sementara. Dibangunnya Pamsimas ini juga memberi manfaat untuk masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan air bersih pada musim kemarau dengan air disalurkan langsung ke rumah warga dengan menggunakan instalasi jaringan pipa,” ujarnya. 

Pada kesempatan yang dama M.Amin menerangkan bila pihaknya juga telah menyalurkan BLT tahap I Oktober 2021 yang diperuntukkan bagi 60 keluarga penerima manfaat (KPM), dengan besaran Rp. 300,000/bulan. sehingga dana desa yang terserap untuk BLT-DD Gunung Baru Sebesar Rp. 180,000,000 dan tersisa 2 bulan. 

Realisasi dana dari program 2021 Tahap II, kata Amin, telah selesai dilaksanakan, dan tinggal menunggu tahap III Kedepan untuk 2022, Kampung Gunung Baru akan mengarah pada pemulihan ekonomi. Diantaranya penataan perekonomian masyarakat baik UKM maupun IKM hingga ke kelompok tani di kampung Gunung Baru agar masyarakat dapat melakukan usaha sehingga diharapkan dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarganya.(sah/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait