Swadaya dari Uang Retribusi, Pasar Ciptawaras Renovasi Los Dagang

Minggu 17-07-2022,15:30 WIB
Reporter : Rinto Arius
Editor : Budi Setiyawan

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Untuk menjaga kenyamanan pedagang, maupun pembeli, petugas pasar Kamis Pekon Ciptawaras, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat merenovasi los pasar.

Menariknya dalam perawatan bangunan los semi permanen tersebut petugas pasar memanfaatkan uang hasil salar (retribusi) yang didapat dari para pedagang. 

Disampaikan Peratin Ciptawaras Sunayah, perbaikan los pasar tersebut dilakukan karena kondisinya selama ini sudah cukup memprihatinkan baik tingkat kerusakan bangunan los yang sudah lapuk mulai dari bagian atau hingga tiang dan lapak los. Juga kondisi sampah yang semrawut antara los. 

Dalam hal itu Sunayah me sampaikan terimakasih atas inisiatif pengelola pasar dalam perbaikan yang dananya selain hasil saluran pedagang juga dilakukan atas dasar swadaya. "Pasar ini statusnya milik pekon.

BACA JUGA:Jaga Kelancaran Transportasi, Warga Batuhitam Kembali Gerak Rawat Jalan

Namun demikian kapasitas transaksi jual beli masyarakat bahkan datang dari kabupaten tetangga yakni Tanggamus. Artinya pasar Kamis ini memberikan peran penting dalam perputaran ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Pada kesempatan itu Sunayah menyampaikan harapan kepada Pemkab Lambar melalui dinas terkait dapat memberikan perhatian dengan bantuan pembangunan sarana prasarana pasar. Mulai dari los dagang hingga fasilitas sampah. 

"Harapan kami, kepada pemerintah dapat memberikan perhatian terkait pembangunan sarana di pasar rakyat ini, lantaran keberadaan pasar Kamis ini menjadi solusi masyarakat dalam mencari kebutuhan dan tempat para pedagang dari berbagai penjuru menggaet rejeki," ungkapnya. (r1n/mlo)



Kategori :