Kakan Kemenag Lampung Lepas Calon Jamaah Umroh Perdana di Lampung 

Rabu 19-01-2022,21:25 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung Drs. H. Juanda Naim, MH., didampingi Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) melepas keberangkatan perdana 9 orang calon Jamaah umroh Provinsi Lampung, Rabu (19/1).

"Ya, kita tadi melepas 9 calon Jamaah dari PPIU Cabang Ameera Mekkah," ungkapnya saat dihubungi Medialampung.co.id.

Lanjutnya, para Jamaah berkumpul di Asrama haji pondok gede 1x24 jam kemudian berangkat bersama Jamaah dari Provinsi lainnya.

"Jadi 1x24 jam isolasi kemudian berangkat bersama Jamaah lain sampai disana mereka isolasi kemudian balik kesini mereka isolasi selama tujuh hari baru kembali ke tempat masing-masing," jelasnya. 

Ia berharap dengan perdana keberangkatan Jamaah umroh nanti nya usai melakukan ibadah tersebut bisa bercerita dengan masyarakat kondisi di mekkah saat ini. 

"Jadi ketika mereka pulang nanti kita berharap mereka memberikan informasi kondisi sesungguhnya disana seperti apa. Kemudian semoga Covid-19 ini terus melandai dan hilang, kedepannya untuk pelaksanaan umroh dan haji kembali normal seperti biasa," kata dia. 

Ia juga Kementerian Agama terus memfasilitasi peningkatan iman dan taqwa untuk umroh dan haji.

"Paling utama juga para Jamaah harus disiplin. Supaya dengan kedisiplinan itu pandemi Covid-19 tidak merebak kembali," terangnya. 

Ia juga mengatakan bahwasanya Menag, Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa pemberangkatan jemaah umroh asal Indonesia tidak akan dihentikan. Menag juga memastikan bahwa proses keberangkatan jemaah umroh akan tetap menerapkan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).

"Yang jelas Menteri Agama sudah menekankan tidak menghentikan pelaksanaan ibadah umroh tetapi melalui tetap melalui one gate policy atau satu pintu supaya bisa terus dipantau dan dievaluasi," pungkasnya (ded/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait