Jelang Bulan Ramadhan Pemprov Lampung Gelar Pasar Murah, Stabilkan Harga Bahan Pokok

Jumat 25-03-2022,21:45 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Menjelang Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan menggelar pasar murah. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lampung, Elvira Umihanni. 

Ia mengatakan pasar akan diawali di Kabupaten Lampung Tengah dengan menyiapkan 150 paket sembako yang akan dibagikan kepada masyarakat melalui aparat desa. 

Adapun paket berupa beras 5 kilogram, gula putih 1 kilogram, tepung terigu 2 kilogram dan minyak goreng 1 liter.

Masyarakat bisa menebus dengan harga Rp75 ribu sementara untuk harga normalnya Rp120 ribu.

"Hari ini pasar murah pertama dilakukan di Kabupaten Lampung Tengah ada sekitar 150 paket. Untuk keseluruhan kira-kira yang kita siapkan ada 10 ribu paket yang akan didistribusikan selama puasa hingga menjelang lebaran," ungkap Elvira, Jumat (25/3).

Ia mengatakan operasi pasar tersebut rencananya akan dilakukan di semua kabupaten/kota sebagai langkah menjaga stabilitas harga dan membantu masyarakat di tengah kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok.

"Selain Lampung Tengah kita ingin semua kabupaten/kota juga diadakan pasar murah. Untuk Bandarlampung nanti akan kita koordinasikan dulu karena dari pemerintah kota setempat juga akan mengadakan pasar murah. Sehingga tidak tumpang tindih," kata dia. 

Ia Juga mengatakan jika kedepan terjadi kenaikan untuk harga bahan pokok lainnya seperti cabai dan juga bawang-bawangan maka pihaknya juga akan mengambil langkah untuk melakukan operasi pasar murah.

"Jika nanti harga kebutuhan pokok lain di bidang hortikultura seperti cabai dan bawang juga tinggi, nanti kita respon untuk adakan juga pasar murah. Tapi kita lihat stok dan ketersediaan juga," pungkasnya. (ded/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait