Permudah Akses Laut, Pemprov Lampung akan Bangun Pelabuhan di Mesuji ke Babel

Rabu 23-02-2022,15:10 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung akan membangun Dermaga Pelabuhan di Tanah Merah, Kabupaten Mesuji sebagai transportasi air antar provinsi. 

"Pak Gubernur kemarin sudah menandatangani MoU kerjasama antar daerah dengan Bangka Belitung (Babel). kita perlu sarana transportasi yang lebih efisien supaya tidak muter-muter dan mempersingkat waktu," kata Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Lampung, Kusnardi saat dimintai keterangan, Rabu (23/2).

Lanjutnya, Untuk saat ini kalo ada kiriman dari Babel atau mengirim bahan pangan seperti Beras, Telur, Benur Udang, keliling muter ke Jakarta terlebih. 

"Namun kalo melewati pelabuhan tersebut diperkirakan hanya dalam waktu 7 jam," kata dia. 

"Jadi menyangkut kerja sama tersebut salah satu alternatif yaitu pelabuhan di Tanah Merah karena statusnya Ex Dipasena jadi kita akan tempati. Mudah-mudahan akan ada titik temu dan bisa untuk transportasi umum bukan hanya Babel-Lampung tetapi ke Kepulauan Riau, Sumatera Selatan dan ke daerah lain," sambungnya. 

Lanjutnya, Saat ini demaja tersebut tidak banyak terpakai hanya untuk kapal-kapal kecil.

"Yang jelas Dermaga itu sudah lama tidak terpakai dan perlu perbaikan, Kemudian gedung administrasi, pergudangan segala macem. Kemudian nanti diserahkan ke negara. Untuk pengelolaan biasanya ke Pemerintah Provinsi dan rencana pembangunan nanti nunggu hibahnya selesai segera kita bangun," pungkasnya (ded/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait