Satu Pasien Covid-19 Asal Argomulyo Meninggal Dunia 

Kamis 05-08-2021,17:27 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Kasus kematian pasien Covid-19 di Kabupaten Lampung Barat terus bertambah, kali ini warga Pekon Argomulyo, Kecamatan Batuketulis Tn A (50) yang baru menjalani isolasi di Rumah Sakit (RS) Medika Insani, Bukitkemuning, Kabupaten Lampung Utara (Lampura) meninggal dunia pada Rabu malam (4/8) dan dimakamkan secara prokes pada Kamis (5/8).

Kepala UPT Puskesmas Batuketulis Sarwo Edi Wahono, S.K.M mengatakan, pada Selasa (3/8) lalu pihaknya melakukan tracing ke Pekon Argomulyo, dan saat itu almarhum yakni Tn A mengalami gejala berat seperti batuk, sesak nafas dan lemas setelah sempat kontak dengan salah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah tersebut.

“Saat itu kami anjurkan pasien agar segera ke Puskesmas dan saat kita rapid antigen dan hasilnya positif. Karena kondisi pasien bergejala berat semakin down, maka kami rujuk ke Rumah Sakit Medika Insani, karena untuk kondisi RSUDAU kita juga statusnya penuh atau waiting list,” jelasnya.

Sebelum dirujuk ke RS Medika Insani, pasien tersebut sempat di isolasi di Puskesmas selama satu malam sambil menunggu ruang isolasi RS Medika Insani tersedia.

“Setelah ada ruang isolasi yang kosong, pasien kita rujuk pada hari Rabu (4/8) sore, dan baru beberapa jam tiba disana kemudian malam harinya pasien meninggal dunia dan dimakamkan secara Prokes hari ini di Pekon Argomulyo,” jelasnya 

Menyikapi terus bertambahnya kasus kematian terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Lambar tak terkecuali di kecamatan setempat, pihaknya berharap agar masyarakat dapat terus disiplin menjalankan protokol kesehatan sebagai upaya untuk mencegah penularan virus corona. 

Sementara itu, Camat selaku Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Batuketulis Sutian tak bosan-bosannya kembali mengingatkan agar masyarakat terus mendukung upaya mengendalikan penyebaran wabah Covid-19 di kecamatan setempat dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yakni, memakai masker saat beraktivitas diluar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan serta membatasi mobilitas di luar rumah.

“Untuk seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kecamatan Batuketulis patuhi protokol kesehatan secara ketat, mengingat kasus Covid-19 terus meningkat dan korban meninggal dunia pun terus bertambah,” pesannya .(edi/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait