Wagub Nunik Ajak Selamatkan Lingkungan Lewat Gerakan Indonesia Bebas Sampah

Sabtu 19-09-2020,14:02 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Acara Puncak Peringatan World Cleanup Day Tahun 2020 Provinsi Lampung dipusatkan di Lapangan Kalpataru Kecamatan Kemiling, Bandarlampung. 

Kegiatan teraebut dihadiri Wakil Gubenur Lampung Chusnunia Chalim, M.Si, M.Kn, Ph.D., (Nunik) juga sejumlah pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Lampung dan unsur  dari berbagai komunitas pada lingkungan, Sabtu (19/9).

Dalam sambutannya, Wagub mengajak seluruh masyarakat bersama-sama menyelamatkan lingkungan melalui Gerakan Indonesia Bebas Sampah dengan pengelolaan sampah yang baik.

"Di momentum ini kita ingin menyampaikan kepada publik ayo peduli lingkungan, ayo sama-sama berkolaborasi turun tangan semua dalam pengelolaan sampah untuk penyelamatan lingkungan kita," Ajak Wagub Nunik.

Aksi bebersih dan pilah sampah terbesar di dunia ini rangkaiannya telah dilaksanakan sejak 12-19 September 2020. Terdapat 36 komunitas dan organisasi di Provinsi Lampung yang tergabung.

Nunik mengatakan seluruh masyarakat agar bergandengan tangan bersama untuk memastikan keselamatan lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah.

"Ini juga menjadi target Indonesia bersih dan bebas sampah tahun 2025 melalui pengelolaan sampah yang baik. Dan ini harus segera kita mulai, Kita harapkan ini menjadi motivasi bagi generasi muda kita agar sadar akan pentingnya penyelamatan lingkungan dari sampah," ujarnya.

Sementara Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Murni Rizal mengatakan gerakan serentak bebersih dan pilah sampah ini diikuti seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

"Provinsi Lampung responnya sangat baik untuk mengikuti kegiatan ini," ujar Murni.

Murni menjelaskan ke depan diharapkan para generasi muda dan komunitas yang tergabung dalam gerakan ini, kegiatan bersih-bersih sampah diarahkan sebagai agenda rutinitas.

"Keberadaan aksi bersih-bersih ini jangan hilang setelah kegiatan ini saja tetapi harus dilakukan terus menerus sebagai rutinitas," tutupnya. (ded/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait