Gelar Lomba Hingga Seminar, Pemkab Lambar Abaikan Bahaya Covid-19

Minggu 13-09-2020,15:57 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung,co.id - Ditengah Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Pemkab Lampung Barat tetap berencana menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT Lambar ke-29 yang berpotensi mengumpulkan massa banyak. 

Bahkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) berencana menggelar seminar nasional dan launching majalah guru hebat dengan mengumpulkan 1.000 orang dari kalangan guru.

Hal tersebut menuai kecaman dari sejumlah pihak, salah satunya Wakil Ketua II DPRD Lambar Erwansyah, SH., yang secara tegas meminta kepada Pemkab Lambar untuk membatalkan rencana sejumlah kegiatan yang berpotensi mengumpulkan massa dengan jumlah banyak.

”Siapa yang berani menjamin jika orang-orang yang hadir pada setiap acara yang digelar benar-benar terbebas dari Covid-19. Kemudian kasus Covid-19 di Lambar terus  meningkat, ini pemerintah daerah kok tetap akan menggelar acara dengan alasan untuk memeriahkan HUT Lambar,” ungkap Iwan Anisa---sapaan Erwansyah.

Selanjutnya, seminar nasional dan launching majalah guru hebat   yang  direncanakan digelar minggu (27/9) menurutnya, ini menjadi pertanyaan. Terlebih informasi yang diterima pihaknya ada pungutan dengan nominal yang cukup besar untuk bisa mengikuti acara tersebut.

”Sekarang ini masih banyak pengeluaran sebagai dampak adanya Pandemi Covid-19, ini kok malah mau menggelar seminar dan bayar, ini ada apa? siapa yang bisa menjamin semua peserta bebas Covid-19, dan siapa yang bertanggungjawab jika muncul klaster baru setelah digelarnya seminar tersebut, jadi saya minta kepada dinas terkait untuk membatalkan,” tegasnya.  

Akan lebih baik, lanjut Iwan mengungkapkan, anggaran yang rencananya dihabiskan untuk acara-acara dalam rangka memeriahkan HUT Lambar dipergunakan untuk program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

”Acara  HUT Lambar boleh tetap terselenggara, tetapi   seminim mungkin mengingat situasi sekarang yag lagi keadaan Covid-19,  lebih baik  anggarannya digunakan  untuk kegiatan atau program yang dirasakan masyarakat  secara langsung,” kata dia.

Sementara itu, Sekkab Lambar Akmal Abdul Nasir memastikan bahwa sejumlah rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT Lambar ke-29 akan dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

”Acara–acara juga tidak banyak dihadiri oleh orang luar, itu acara banyaknya di lingkungan pemkab dan menerapkan protokol kesehatan, seperti futsal itu dibatasi waktu bermain dan jumlah peserta begitu juga dengan acara-acara lainnya,” kata Akmal.

Sekadar diketahui, adapun sejumlah rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Kabupaten Lambar ke-29 yang akan dilaksanakan Pemkab, antara lain lomba kreasi masker dan dasi akan dilaksanakan pada tanggal 14-21 September 2020, Olahraga tradisional akan dilaksanakan Selasa (15/9) di lapangan Pemkab Lambar, eksebisi futsal akan dilaksanakan Selasa (15/9), lomba kebersihan kantor akan dilaksanakan tanggal 15-17 September, lomba video kreatif tanggal 15 Agustus-15 September 2020, gotong royong akan dilaksanakan pada Jumat (18/9). 

Kemudian, Gowes Fun Bike Minggu (20/9) di Kecamatan Balikbukit, sidang paripurna tanggal 23 September, upacara tanggal 24 September 2020, ziarah makam korban gempa bumi, akan dilaksanakan Kamis (24/9),  ramah tamah dan pemberian penghargaan Kamis (24/9), celugam nyambai festival akan dilaksanakan Jumat (25/9), Grand Final Muli Mekhanai akan dilaksanakan tanggal 26 September dan seminar nasional dan launching Majalah Guru Hebat akan dilaksanakan pada Minggu 27 September 2020. (nop/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait