Tingkatkan SDM Warganya, Kakam Bumi Rejo Adakan Program Kejar Paket C

Sabtu 09-10-2021,13:42 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Pemerintah Kampung Bumi Rejo bekerjasama dengan PKBM Tunas Maju mengadakan program Paket C yang dibiayai oleh Dana Desa. Dimana fasilitas ini bertujuan agar masyarakat khususnya warga Kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu mendapatkan kesetaraan dalam pendidikan. Kejar Paket C adalah salah satu program pendidikan dasar yang diselenggarakan melalui jalur pendidikan Luar Sekolah.

Pendidikan luar sekolah berfungsi mengembangkan potensi peserta didik / warga belajar dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional serta pengembangan sikap dan kepribadian professional. 

Kejar paket C sempat menjadi populer karena para peserta ujian nasional (UN) tingkat SMA dan MA yang tidak lulus dapat mencoba lagi dengan menggunakan jalur ini. Paket C (kejar paket C) adalah pelayanan pendidikan pada jenjang menengah kejuruan melalui jalur non formal. Program paket C merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat usia sekolah dan usia dewasa yang karena berbagai sebab tidak melanjutkan pendidikan.

Sebagaimana tercantum dalam undang-undang No.20/2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 26 ayat (6) bahwa hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga yang ditunjuk oleh pemerintah atau pemerintah daerah dengan mengacu pada standar nasional pendidikan.

Suwardi Kepala Kampung Bumi Rejo Kecamatan Baradatu mengatakan kepada Radar lampung bahwa program kejar Paket C di Kampung Bumi Rejo itu sudah berjalan sejak tahun 2019 yang lalu, dimana peserta pada tahun 2019 sebanyak 8 orang dan di tahun 2020 sebanyak 20 orang namun ada salah satu peserta yang meninggal dunia jadi total keseluruhan tinggal 27 orang sampai di 2021

“Saya selaku Kepala Kampung Bumi Rejo berharap, tidak ada lagi masyarakat saya yang putus sekolah sampai tingkat SLTA, dan seandainya pun masih ada masyarakat yang kekurangan biaya ataupun tidak lulus SLTA saya akan tetap berusaha membantu masyarakat dalam kejar paket C," tutupnya. 

Terpisah, Tusiman dan Mudjiono 2 orang warga yang menjadi peserta program kejar paket C di Kampung Bumi Rejo, memberikan apresiasi mereka kepada Kakam Bumi Rejo Suwardi, yang sudah membantu mereka di dalam program kejar paket C, dengan harapan ilmu yang mereka dapatkan itu nanti menjadi berkah dan bermanfaat untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang.(sah/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait