Ada Pengecualian Syarat Bagi Penumpang Pesawat di Bandara M.Taufiq Kiemas

Selasa 11-01-2022,14:55 WIB
Editor : Budi Setiyawan

Medialampung.co.id - Bagi calon penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi udara (pesawat) di penerbangan perintis Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), tidak perlu khawatir terkait dengan persyaratan perjalanan udara di masa pandemi Covid-19 tersebut.

Pasalnya, untuk penerbangan perintis tersebut ada pengecualian persyaratan penerbangan bagi calon penumpang yakni penumpang tidak harus menggunakan syarat test Reverse Transcription-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

“Untuk aturan persyaratan test RT-PCR atau rapid test antigen itu memang ada pengecualian dan tidak berlaku untuk penerbangan perintis,” kata Muhammad Subandi, Kepala Satuan Pelayanan (Kasatpel) Bandara Muhammad Taufiq Kiemas, Selasa (11/1).

Menurutnya, pengecualian salah satu persyaratan itu juga sesuai dengan surat edaran Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor SE 96/2021, tentang petunjuk pelaksanaan perjalanan orang dalam negeri dengan transportasi udara pada masa pandemi Covid-19. Meski begitu, untuk calon penumpang yang akan menggunakan jasa transportasi udara di Bandara M.Taufiq Kiemas tentunya wajib mematuhi protokol kesehatan.

“Selain itu, semua calon penumpang di penerbangan perintis tersebut juga harus menggunakan aplikasi Peduli Lindungi,” ungkapnya.

Untuk itu, lanjut Subandi-sapaan Muhammad Subandi, pihaknya berharap.dalam rencana penerbangan perdana di Bandara M.Taufiq Kiemas yang dijadwalkan Rabu (12/1), tidak ada kendala dan hambatan. Mengingat, rencana penerbangan perdana di Bandara M.Taufiq Kiemas ini merupakan sarana transportasi udara yang ditunggu oleh semua pihak.

“Karena memang sebelumnya penerbangan tersebut sempat berhenti beroperasi,” jelasnya.

Ditambahkannya, pada tahun 2022 ini penerbangan perintis kembali dilaksanakan dengan menggunakan maskapai penerbangan Susi Air yang memiliki kapasitas 12 penumpang. Sedangkan, sementara ini untuk penumpang yang akan berangkat ke Bandar Lampung dengan menggunakan transportasi udara di Bandara M.Taufiq Kiemas pada penerbangan perdana besok itu sudah ada 10 penumpang.

“Kemungkinan ada penambahan lagi, karena nanti akan kembali ada update data penumpang. Kita berharap penerbangan perdana di Bandara M.Taufiq Kiemas nanti berjalan lancar dan tidak ada hambatan,” pungkasnya.(yan/mlo)

Tags :
Kategori :

Terkait