BRI Dorong Desa Wisata Jadi Destinasi Unggulan Lewat Program Desa BRILiaN

BRI Dorong Desa Wisata Jadi Destinasi Unggulan Lewat Program Desa BRILiaN

Desa BRILiaN jadi inspirasi nasional untuk bangun desa wisata yang inklusif dan berdaya saing--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Dalam upaya nyata mendorong kebangkitan ekonomi pedesaan, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya melalui peluncuran Kick-Off Program Desa BRILiaN bertema “Desa Wisata”. 

Melalui langkah strategis ini, BRI tidak hanya memperkuat peran sebagai lembaga keuangan, tetapi juga mengangkat potensi lokal yang selama ini tersembunyi di pelosok desa.

Program yang digelar secara daring ini dihadiri berbagai pemangku kepentingan, termasuk SEVP BRI Muhammad Candra Utama, pihak Kementerian Pariwisata, hingga mitra strategis seperti Atourin. 

Acara ini menjadi titik awal dalam mendorong desain kolaboratif antara lembaga, masyarakat, dan sektor swasta dalam membangun desa wisata sebagai destinasi unggulan yang berdaya saing tinggi.

BACA JUGA:Dokumen Wajib untuk Ajukan KUR Mandiri 2025, Pinjaman Hingga Rp100 Juta, Simak Panduannya!

BRI memposisikan dirinya lebih dari sekadar penyedia jasa keuangan. Sebagai penggerak perubahan sosial ekonomi, bank ini memahami bahwa kemajuan desa akan sangat bergantung pada sinergi lintas sektor, khususnya dalam menciptakan ekosistem wisata yang berkelanjutan. 

Melalui Program Desa BRILiaN, BRI mengembangkan model pemberdayaan yang menekankan pada kepemimpinan lokal, kearifan budaya, serta pemanfaatan teknologi digital.

Candra Utama menyampaikan bahwa masih banyak tantangan yang dihadapi desa wisata di Indonesia. 

Rendahnya pemahaman dalam merancang paket wisata yang menarik dan kurangnya inovasi dalam mengemas produk menjadi penghambat utama. 

BACA JUGA:Wuling Air ev: Simbol Mobil Listrik Terdepan di Indonesia

Selain itu, keterbatasan dalam menjalin kemitraan dan jejaring promosi menambah panjang daftar hambatan.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, program ini menghadirkan pelatihan intensif yang tidak hanya fokus pada soft skill, tetapi juga menyentuh aspek teknis seperti pembuatan dan onboarding paket wisata ke platform digital. 

Melalui kemitraan dengan Atourin, desa-desa peserta mendapatkan akses langsung ke kanal promosi daring yang memperluas jangkauan pasar mereka.

Sejak awal diluncurkan pada 2020, hingga April 2025, Desa BRILiaN telah menjangkau lebih dari 4.300 desa di Indonesia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: