Makanan Tinggi Serat yang Direkomendasikan dr. Zaidul Akbar untuk Meningkatkan Kesehatan

Makanan Tinggi Serat yang Direkomendasikan dr. Zaidul Akbar untuk Meningkatkan Kesehatan

Makanan Tinggi Serat yang Direkomendasikan dr. Zaidul Akbar untuk Meningkatkan Kesehatan--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Konsumsi makanan tinggi serat seperti kacang mete, bekatul, biji bunga matahari, kismis, dan almond disarankan untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Bekatul, misalnya, tidak hanya kaya serat, tetapi juga bermanfaat dalam mengatasi masalah lambung seperti maag, menjadikannya salah satu pilihan terbaik dalam menjaga asupan serat harian.

Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dipecah menjadi molekul gula oleh tubuh. Asupan serat yang cukup, yaitu sekitar 25–35 gram per hari, dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan.

Beberapa manfaat serat bagi kesehatan meliputi pencegahan konstipasi hingga pengendalian risiko diabetes. Nutrisi ini dapat ditemukan dalam berbagai makanan nabati, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, dan sereal.

BACA JUGA:8 Tips Hidup Sehat Cara Hemat untuk Anak Kost

Menurut dr. Zaidul Akbar, bekatul merupakan sumber serat terbaik untuk tubuh dan bahkan dapat membantu mengatasi sakit maag.

Bekatul, atau yang dikenal sebagai bran, adalah lapisan luar dari beras yang terlepas saat proses penumbukan atau penggilingan gabah. Sekilas, bekatul mirip dengan dedak karena memiliki warna krem atau coklat muda.

Namun, bekatul adalah bagian dalam kulit padi yang disebut selaput biji, dan mengandung serat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: