Polres Lamsel Berikan Bimbingan Terhadap Linmas Jelang Pilkada

Polres Lamsel Berikan Bimbingan Terhadap Linmas Jelang Pilkada

Linmas Saat Ikuti bimbingan dari polres Lamsel --

LAMSEL,MEDIALAMPUNG.CO.ID- Sat Binmas Polres Lampung Selatan menggelar kegiatan pembinaan keterampilan dan peningkatan kemampuan bagi anggota Linmas (Perlindungan Masyarakat).

Acara yang dilaksanakan di GOR Way Handak, Kabupaten Lampung Selatan,  Kamis (17/10/2024) ini dibuka  oleh Kasat Binmas Polres Lampung Selatan, AKP Yani Deviyanti, Kegiatan ini dihadiri 800 anggota Linmas dari Wilayah Polsek Sidomulyo, Polsek Candipuro, Polsek Kalianda, Polsek Palas dan Polsek Sragi.

Kasat Binmas Polres Lampung Selatan, AKP Yani Deviyanti, dalam sambutannya menekankan pentingnya kesiapan dan kemampuan anggota Linmas dalam menjalankan tugasnya sebagai penjaga keamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) selama Pilkada berlangsung. 

"Linmas memiliki peran strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di TPS. Kami memastikan linmas memiliki keterampilan dan kesiapan yang optimal, sehingga Pilkada dapat berjalan dengan aman, damai, dan kondusif," ujar AKP Yani.

BACA JUGA:Parosil Mabsus Apresiasi Sekjen PDIP Hasto yang Bakal Jalani Sidang Promosi Doktor UI

Dalam pembekalan ini, anggota Linmas diberikan pelatihan penggunaan tongkat dan borgol, teknik pengamanan TPS, serta langkah-langkah pelaporan jika terjadi gangguan keamanan atau kerusuhan selama proses pemungutan suara.

Para instruktur dari Polres Lampung Selatan mengajarkan berbagai teknik dasar yang harus dikuasai oleh Linmas, termasuk bagaimana menghadapi situasi genting dengan tenang dan profesional.  

Selain itu, anggota Linmas juga dibekali pengetahuan tentang pentingnya komunikasi yang efektif dengan aparat keamanan lainnya, seperti kepolisian dan TNI, guna memastikan koordinasi yang baik saat bertugas di lapangan.

Serta Keterampilan pelaporan pun ditekankan, terutama bagaimana melaporkan insiden atau potensi kerusuhan secara cepat dan tepat kepada pihak berwenang. Hal ini sangat penting agar tindakan preventif dapat segera dilakukan dan mencegah eskalasi konflik.

BACA JUGA:Kebakaran Gudang Sanken Akibat Korsleting Listrik, Kerugian Capai Rp 3 Miliar

Dengan persiapan yang matang melalui kegiatan ini, Sat Binmas Polres Lampung Selatan berharap Pilkada serentak 2024 di Kabupaten Lampung Selatan dapat berjalan dengan aman, sejuk, dan damai. disamping itu diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaan anggota Linmas dalam menghadapi situasi yang tidak terduga di lapangan.  

"Kami berharap seluruh anggota Linmas dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab dan tetap berpegang pada prinsip keamanan yang humanis dan profesional," pungkasnya.

Dengan pelatihan ini, Polres Lampung Selatan optimistis bahwa para anggota Linmas mampu memberikan kontribusi signifikan dalam menjaga ketertiban selama pelaksanaan Pilkada serentak 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: