Pencapaian Luar Biasa! Poktan Mekar Jaya 2 Raih Laba Rp450 Juta di Tahun 2024

Pencapaian Luar Biasa! Poktan Mekar Jaya 2 Raih Laba Rp450 Juta di Tahun 2024

Kepala gudang Kelompok Tani Mekarjaya 2,sedang menimbang setoran kopi parohan dari anggota--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kelompok Tani (Poktan) Mekar Jaya 2 yang berada di Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedung Surian, Kabupaten Lampung Barat, berhasil mencatatkan pencapaian luar biasa pada tahun 2024. 

Poktan ini sukses meraih omzet sebesar Rp450 juta dari pengelolaan enam petak kebun kopi robusta yang menjadi aset utama kelompok tersebut. 

Pencapaian ini tentunya menjadi bukti nyata bahwa Poktan Mekar Jaya 2 mampu mengelola kebun kopi secara produktif dan efisien.

Ketua Poktan Mekar Jaya 2, Buchori, S.P, yang juga merupakan Penjabat Peratin setempat, menjelaskan bahwa Poktan ini mulai aktif sejak tahun 2004. 

BACA JUGA:Apa Iya Putih Telur Bagus Untuk Masker? Simak Selengkapnya

Dalam perjalanan 20 tahun terakhir, Poktan Mekar Jaya 2 telah berhasil mengembangkan aset berupa enam petak kebun kopi yang menghasilkan 6,5 ton biji kopi kering pada musim ini. 

Tidak hanya fokus pada budidaya kopi, Poktan ini juga menjalin berbagai kemitraan strategis dengan perusahaan besar.

“Kami menjalin kemitraan bidang budi daya dan pemasaran, seperti dengan PT Indocom Citra Persada dan PT Indo Cafo Tbk untuk pengolahan kopi semi-wash, serta PT Olam dan PT Nestle,” ujar Buchori.

Keberhasilan pengelolaan kebun kolektif ini sebagian besar melibatkan anggota Poktan dan masyarakat setempat melalui sistem "maro". 

BACA JUGA:Ingin Tubuh Sehat, Hindari Makanan ini di Waktu Sarapan

Dalam sistem ini, pengelolaan kebun dilakukan oleh penggarap, yang kemudian membagi hasil panen secara adil: separuh untuk penggarap dan separuh lagi untuk Poktan.

Selain kebun kopi, Poktan Mekar Jaya 2 juga memiliki aset penting lainnya, seperti gudang permanen dengan fasilitas lantai jemur dan mesin penggilingan kopi, yang sudah dimiliki selama 10 tahun terakhir. 


--

Aset ini sangat berperan dalam menunjang proses produksi dan penyimpanan kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: