Lawan Tuan Rumah PON, Atlet Tinju Lampung Diduga Dicurangi Wasit

Lawan Tuan Rumah PON, Atlet Tinju Lampung Diduga Dicurangi Wasit

Atlet tinju asal Lampung, Rusdianto Suku saat bertanting melawan petinju Sumatera Utara Josua Harianja--

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Atlet tinju asal Lampung, Rusdianto Suku, diduga menjadi korban kecurangan yang dilakukan oleh wasit dalam pertandingan melawan atlet tuan rumah Sumatera Utara, Josua Harianja, pada ajang PON Aceh-Sumut cabang tinju

Pertandingan yang diadakan di Gedung Nommensen Siantar, Sabtu 14 September 2024, menjadi sorotan karena adanya keputusan wasit yang kontroversial.

Pertarungan di kelas 75-80 kilogram ini tercoreng ketika wasit, Royke Hane, dianggap membuat keputusan yang merugikan Rusdianto. 

Seharusnya, Rusdianto bisa memenangkan pertandingan dengan kemenangan knock-out (K.O), setelah pukulannya membuat Josua sempoyongan dan terjatuh di atas ring. 

BACA JUGA:Polsek Ketapang Ringkus Seorang Pengedar Narkoba

BACA JUGA:WHO Resmi Umumkan Vaksin Mpox Pertama dari Bavarian Nordic Lawan Cacar Monyet

Namun, wasit tidak menghentikan pertandingan ketika momen itu terjadi, bahkan tidak memberikan hitungan ketika Josua kembali terjatuh untuk kedua kalinya.

Wasit tersebut nampak sengaja mengulur-ulur waktu, memberi kesempatan lawan untuk recovery.

Tindakan wasit ini membuat banyak pihak mempertanyakan integritasnya.

Pada akhir pertandingan, justru Josua dinyatakan sebagai pemenang berdasarkan hitungan angka, sementara Rusdianto harus menerima kekalahan meskipun didukung dengan bukti kuat dari rekaman pertandingan. 

BACA JUGA:Rilis Setahun Lalu, Segini Harga ASUS Zenfone 10 Sekarang

BACA JUGA:Kontingen Lampung Tambah Emas di PON XXI dari Cabang Terjun Payung

Protes pun diajukan oleh tim tinju Lampung kepada panitia penyelenggara PON Aceh-Sumut 2024, meskipun hingga saat ini belum ada perubahan hasil resmi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: