Upaya Tekan Inflasi, Gerakan Pangan Murah Kembali Digelar di Pesisir Barat

Upaya Tekan Inflasi, Gerakan Pangan Murah Kembali Digelar di Pesisir Barat

Pemkab Pesisir Barat gelar GPM untuk menjaga stabilitas harga pangan dan menekan inflasi-Foto Dok-

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat bekerjasama dengan Badan Pangan Nasional (Bapanas) kembali melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dipusatkan di Lapangan Pekon Pelitajaya, Kecamatan Pesisir Selatan pada Rabu, 11 September 2024. 

Kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menstabilkan harga pangan serta membantu masyarakat menghadapi inflasi.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat penting, termasuk Bupati Pesisir Barat, Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Pesisir Barat, Drs. Jon Edwar, M.Pd., Ketua TP PKK Kabupaten Pesisir Barat, Septi Heri Agusnaeni, serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur Forkopimda.

Kegiatan GPM yang sebelumnya juga dilaksanakan di Pasar Way Batu, Kecamatan Pesisir Tengah, tetap menyediakan jenis bahan pokok yang sama. 

BACA JUGA:Bawaslu Pesisir Barat Buka Rekrutmen PTPS Pilkada 2024, Cek Syarat Lengkapnya!

Beberapa bahan pokok yang tersedia meliputi beras, minyak goreng, telur ayam, cabai, gula pasir, bawang merah, bawang putih, hingga aneka sayuran.

Dalam sambutannya, Bupati Agus Istiqlal menekankan pentingnya pangan sebagai kebutuhan dasar masyarakat yang harus selalu tercukupi. 

“Atas nama Pemkab Pesisir Barat, saya mengapresiasi Gerakan Pangan Murah ini, yang bertujuan untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan di Kabupaten Pesisir Barat,” ujarnya.

Agus Istiqlal juga menyoroti bahwa harga bahan pangan yang mulai meningkat di pasaran berpotensi mengurangi daya beli masyarakat dan mempengaruhi inflasi. 

BACA JUGA:32 Klub Berlaga di Turnamen Sepak Bola Peratin Cup Season 11 Pekon Pura Jaya

Sebagian besar komoditas pangan yang tersedia di Kabupaten Pesisir Barat berasal dari luar daerah, kecuali beberapa produk lokal seperti beras. 

Oleh karena itu, melalui program GPM ini, masyarakat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pangan dengan harga yang lebih terjangkau.

“Karena itu, diharapkan agar dalam kegiatan GPM ini masyarakat dapat membeli bahan pangan sesuai dengan kebutuhan, dan mudah-mudahan dapat terbantu dengan adanya kegiatan tersebut,” lanjut Bupati Agus Istiqlal.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pesisir Barat, Unzir, S.P., melalui Kabid Ketersediaan Pangan, Redi Destian, menjelaskan bahwa kegiatan di Lapangan Pekon Pelitajaya ini serupa dengan kegiatan sebelumnya di Pasar Way Batu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: