Disbunnak Lampung Barat Support Petani Tembakau Melalui Bantuan

Disbunnak Lampung Barat Support Petani Tembakau Melalui Bantuan

Kabid Perkebunan Disbunnak Lampung Barat Sumarlin, S.P, M.P--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Kabupaten Lampung Barat ternyata tidak hanya terkenal sebagai daerah penghasil kopi, namun juga tanaman tembakau.

Kabid Perkebunan Sumarlin, S.P, M.P., mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Yudha Setiawan, S.I.P., mengungkapkan, budidaya tembakau di Lampung Barat seluas 30 hektar yang tersebar di Kecamatan Sekincau, Sumber Jaya, Suoh dan Bandar Negeri Suoh. 

Dikatakannya, Kabupaten Lampung Barat hingga kini masih mempertahankan sebagai penghasil tembakau dan upaya yang akan dilakukan dalam rangka meningkatkan produksi tembakau yaitu pihaknya terus memaksimalkan pembinaan dan memberikan support melalui bantuan pupuk agar produksi tembakau milik petani meningkat.  

“Tahun ini, kita akan support petani tembakau melalui bantuan benih dan pupuk organik. Selain itu, kita juga akan melakukan pembinaan,” ungkap Sumarlin, Jumat 23 Agustus 2024.

BACA JUGA:Sempat Ricuh, Massa Aksi Tolak RUU Pilkada di Gedung DPRD Lampung Membubarkan Diri

BACA JUGA:Tolak Mediasi, Mahasiswa Memaksa Masuk ke Gedung DPRD Lampung

Dikatakannya, bantuan benih dan pupuk bersubsidi tersebut bersumber dari anggaran dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) tahun 2024. 

“Pada tahun 2023 lalu, produksi tembakau 700 kilogram per hektar dan untuk tahun ini kita targetkan produksinya berkisar 600-800 kilogram per hektar,” kata dia. 

Seraya menambahkan, tembakau yang dihasilkan oleh kelompok tani saat ini hanya untuk konsumsi lokal, artinya hanya di jual di pasar-pasar yang ada di Kabupaten Lampung Barat. 

“Posisi saat ini tanaman tembakau milik petani sudah mau mulai panen. Kita berharap tahun ini produksi tembakau meningkat dibanding tahun sebelumnya,” harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: