Unik! Ada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 Gunakan Bahasa Lampung

Unik! Ada Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-79 Gunakan Bahasa Lampung

Selain dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Lampung, para peserta juga mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah--

BANDAR LAMPUNG, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 berlangsung di seluruh negeri pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Semua rakyat Indonesia turut merayakan momen Hari Kemerdekaan dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah mengadakan upacara pengibaran bendera Merah Putih.

Namun ada hal yang menarik dalam kegiatan upacara yang dilakukan oleh masyarakat di perumahan Abdi Negara Sukabumi, Bandar Lampung. 

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di tempat itu dilaksanakan dengan menggunakan Bahasa Lampung.

BACA JUGA:Pemenang Busana Adat Terbaik Peserta Upacara di IKN Dapat Hadiah Sepeda dari Presiden Jokowi

BACA JUGA:217 Napi Rutan Kotabumi Dapat Remisi Hari Kemerdekaan

Kegiatan upacara ini berlangsung pada 17 Agustus 2024 di perumahan Abdi Negara Sukabumi Bandar Lampung berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WIB.

Menurut Mansi, salah satu tokoh masyarakat yang ada mengatakan bahwa mereka mengadakan kegiatan upacara menggunakan bahasa Lampung karena penduduk mayoritas di daerah tersebut adalah orang Lampung.

"Kami hari ini mengadakan kegiatan upacara untuk memperingati HUT kemerdekaan RI ke 79 dengan menggunakan bahasa Lampung, karena mayoritas penduduk disini orang Lampung makanya ada usulan untuk melakukan kegiatan upacara menggunakan bahasa Lampung," ujarnya saat ditemui pada 17 Agustus 2024.

Mansi mengatakan, kegiatan upacara menggunakan bahasa Lampung ini untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan juga melestarikan bahasa daerah agar tidak punah.

BACA JUGA:Pemerintah Pekon Sumber Alam Salurkan BLT-DD Periode Juli-Agustus

BACA JUGA:Ngajar Ngaji, Aipda Poniman Terima Penghargaan dari Camat Sekincau Sebagai Jadi Sosok Inspiratif

"Selain menggunakan bahasa Lampung disini juga upacaranya menggunakan baju adat dari berbagai daerah, tujuannya agar warga ikut serta menjaga budaya daerah masing-masing," pungkasnya.

Sementara, Desy Adha selaku ketua panitia kegiatan upacara tersebut mengatakan, upacara bendera ini menggunakan bahasa Lampung dialek ‘0’ atau ‘Nyou’ milik Lampung pepadun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: