Gandeng Puskesmas, Mahasiswa KKN Gelar Aksi Donor Darah

Gandeng Puskesmas, Mahasiswa KKN Gelar Aksi Donor Darah

Aksi donor darah yang digelar mahasiswa KKN UIN RIL bersama Puskesmas Batu Ketulis-Foto Dok-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) bekerjasama dengan Puskesmas Rawat Inap (PRI) Batu Ketulis menggelar kegiatan donor darah sebagai salah satu program KKN di tengah momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-79 di kecamatan setempat, Kamis 15 Agustus 2024. 

Kegiatan sosial yang dilaksanakan di kantor penyuluh KB kecamatan setempat itu dipimpin oleh Kepala PRI Batu Ketulis Sarwo Edi Wahono S.K.M, didampingi Kasi Trantib Batu Ketulis Aruman S.P. serta diikuti oleh belasan mahasiswa KKN UIN RIL. 

Selain berhasil mengumpulkan kantong darah dalam jumlah yang memadai, tetapi juga berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah.

Demikian disampaikan Koordinator Mahasiswa KKN Batu Ketulis, Wardiansyah.

BACA JUGA:Pekon Cipta Waras Salurkan CPP Periode Agustus Kepada 257 KPM

BACA JUGA:Partai Demokrat Resmi Usung Parosil Mabsus-Mad Hasnurin di Pilkada Lampung Barat

Ia menerangkan tujuan utama dari program ini adalah untuk mengedukasi masyarakat khususnya yang ada di Kecamatan Batu Ketulis tentang manfaat donor darah dan mendorong partisipasi aktif masyarakat.

“Antusiasme masyarakat, termasuk dari mahasiswa KKN sangat tinggi. Bahkan, jumlah kantong darah yang terkumpul berhasil melampaui target yang telah ditetapkan. Hal ini menunjukkan kepedulian masyarakat untuk membantu sesama,” ujarnya. 

Meskipun berjalan sukses, program ini tidak lepas dari tantangan. Beberapa calon pendonor terpaksa tidak dapat mendonorkan darahnya karena kondisi kesehatan yang tidak memenuhi syarat, seperti seperti tekanan darah rendah.

“Untuk mengatasi hal ini, kami melakukan pemeriksaan kesehatan awal bagi setiap calon pendonor. Pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan mereka layak untuk mendonorkan darah dan memberikan saran kesehatan bagi mereka yang belum memenuhi syarat,” kata dia.

BACA JUGA:Usai Salurkan BLT-DD Pekon Sukaraja Lanjut Bagikan CPP

BACA JUGA:Lomba Bola Voli Peringatan HUT RI Ke-79 Kecamatan Sumber Jaya Ditutup Dengan Meriah

Pihaknya mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak, baik Puskesmas Batu Ketulis maupun pihak RSUD Alimuddin Umar yang telah menyetujui untuk melanjutkan program ini di masa mendatang. 

“Namun, keberlanjutan program ini juga tergantung pada persetujuan pemerintahan yang ada di Kecamatan Batu Ketulis. Mahasiswa KKN berharap program donor darah ini dapat menjadi kegiatan rutin di Kecamatan Batu Ketulis agar ketersediaan darah di daerah tersebut dapat terjamin dan dapat membantu banyak orang yang membutuhkan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: