Bawaslu Pesisir Barat Awasi Data Pemilih Hingga Penetapan DPT Pilkada 2024

Bawaslu Pesisir Barat Awasi Data Pemilih Hingga Penetapan DPT Pilkada 2024

Anggota Bawaslu Pesbar, Ayu Megasari--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), akan terus melakukan pengawasan kembali terhadap Daftar Pemilih Sementara (DPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Pesbar yang sebelumnya telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten setempat.

Anggota Bawaslu Pesbar, Ayu Megasari, S.S., M.Sos., menjelaskan bahwa, mengenai DPS Pilkada di Kabupaten Pesbar yang telah ditetapkan oleh KPU Pesbar itu jelas akan tetap dilakukan pengawasan hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) nanti. 

Mengingat, jika melihat dari DPT pada Pemilihan Umum (Pemilu) 14 Februari 2024 lalu di Kabupaten Pesbar ini sebanyak 119.655 pemilih.

“Sementara itu, jumlah DPS Pilkada yang telah ditetapkan oleh KPU Pesbar sebanyak 121.405 pemilih, artinya ada peningkatan terhadap jumlah pemilih sebanyak 1.750 pemilih dari jumlah DPT Pemilu sebelumnya,” kata dia.

BACA JUGA:Batu Tulis, Situs Peninggalan Sejarah yang Terabaikan oleh Pemerintah

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Buka Silaturahmi Alim Ulama dan Penguatan Da'i Wasathiyah yang Diselenggarakan MUI

Menurutnya, penambahan jumlah pemilih itu memang kemungkinan bisa saja terjadi karena adanya perubahan administrasi kependudukan dan populasi yang terjadi di Kabupaten Pesbar. 

Namun, mengenai hal itu, Bawaslu Pesbar juga akan terus memastikan bahwa data pemilih pada DPS saat ini harus sudah akurat dan valid.

“Kami dari jajaran Bawaslu juga akan terus melakukan pengawasan kembali sampai dengan penetapan DPT untuk Pilkada 2024 di Kabupaten Pesbar nanti,” jelasnya.

Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Pesbar itu juga menambahkan bahwa, Bawaslu Pesbar akan terus berkomitmen untuk menjaga transparansi, serta akurasi data dalam proses tersebut.

BACA JUGA:Berkat Inovasi Desak Gita dan Setali, Hasna Wati Ikuti Lomba Kader Posyandu Tingkat Nasional

BACA JUGA:Peringati HKAN 2024, DPC PDIP Lampung Barat Gelar Operasi Bersih Sampah di Bantaran Sungai

Bawaslu akan tetap melibatkan masyarakat di Kabupaten Pesbar ini khususnya dalam memantau dan memastikan integritas sampai dengan penetapan DPT nanti. 

Untuk itu, peran serta masyarakat juga sangat diharapkan dalam memantau DPS hingga DPT nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: