Tapismall Wadah Pengadaan Barang dan Jasa, Potensi PAD Baru Pemda di Lampung

Tapismall Wadah Pengadaan Barang dan Jasa, Potensi PAD Baru Pemda di Lampung

Direktur Utama PT Wahana Raharja, Jevri Afrizal saat dimintai keterangan --

MEDIALAMPUNG.CO.ID- Tapismall merupakan marketplace lokal yang dikelola oleh BUMD PT Wahana Raharja (Perseroda) merupakan wadah  pengadaan barang dan jasa Pemerintah Provinsi maupun kabupaten/kota di Lampung.

Direktur Utama PT Wahana Raharja, Jevri Afrizal, mengatakan Tapismall menjadi potensi PAD baru untuk pemda di Lampung. 

Dalam setiap transaksi di Tapismall PT Wahana Raharja akan mendapatkan platform fee sekitar 1 persen.

Kemudian dalam transaksi di Tapismall juga dapat terpantau sehingga bisa dihitung berapa jumlah pendapatan yang akan menjadi dividen untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Hadiri Pelepasan Jenazah Mantan Asisten Ketataprajaan Provinsi Lampung Mursyid Arsyad

"Untuk kabupaten/kota, PAD-nya berdasarkan perjanjian kerja sama PT Wahana Raharja dengan pemerintah kabupaten/kota,” ungkapnya. 

Lanjutnya ada beberapa kabupaten/kota yang ingin mendapatkan dividen melalui BUMD.

"Jadi PT Wahana Raharja bekerja sama dengan BUMD kabupaten/kota. Nah jadi itu nanti bisa  tergantung kabupaten/kota yang menilainya seperti apa,"jelasnya. 

Ia menjelaskan jika kabupaten/kota mengutus BUMD nya untuk bekerjasama dengan pihak PT Wahana Raharja ada banyak keuntungan lain.

"Contohnya kita akan ngebuka lapangan kerja untuk transporternya. Itu tidak kita ambil dan terserah kabupaten/kota," jelasnya. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Lakukan Pencanangan PIN Polio Targetkan 1.259.539 Anak Usia 0-7 Tahun

"Artinya ketika ekosistem terbentuk, nantinya tidak hanya belanja APBD, APBN, dan sebagainya yang dapat dilakukan melalui Tapismall. Organisasi vertikal seperti kementerian dan sebagainya bisa melalui itu," sambungnya. 

Ia juga mengungkapkan bahwasanya ada beberapa kabupaten mengusulkan anggaran dana desa (ADD) belanjanya melalui  Tapismall.

Ia juga menyampaikan bahwa kedepan Tapismall ini dirancang untuk dapat juga melayani belanja umum selain e-Purchasing untuk pemerintah. “Jadi temen-temen di desa, di daerah, dan pribadi bisa pesen barang-barang di Tapismall ke depannya. Karena menurut inisiator kita harapannya Tapismall bisa seperti Shopee, Tokopedia, dan lainnya,"jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: