Parpol dan Ormas Punya Peranan Penting Sukseskan Pilkada Serentak

Parpol dan Ormas Punya Peranan Penting Sukseskan Pilkada Serentak

Bakesbangpol Lampung Barat menggelar Fotum Komunikasi Sosial Politik dalam rangka mensukseskan Pilkada 2024--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Lampung Barat, menggelar kegiatan Forum Komunikasi Sosial Politik dalam rangka menyukseskan Pilkada serentak tahun 2024, bertempat di Aula Kagungan Pemkab Lampung Barat, Rabu 24 Juli 2024.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Kesbangpol Burlianto Eka Putra, S.H., mengatakan, tahapan demi tahapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Lampung Barat akan segera dilaksanakan dan diharapkan berjalan dengan sukses dan lancar.

“Untuk itu, kepada seluruh peserta kegiatan Forum Komunikasi Sosial Politik dalam rangka sukses Pilkada yang meliputi pengurus Parpol dan pengurus Ormas/LSM ikut berperan dalam suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2024,” tegas Burlianto.

Menurut dia, Partai Politik (Parpol) memiliki peran penting dalam suksesnya Pilkada serentak tahun 2024, salah satunya sebagai wadah untuk menyalurkan calon pemimpin yang akan turut serta pada Pilkada. 

BACA JUGA:Realisasi PAD Kabupaten Lampung Utara Mencapai 53,22 Persen

"Peran Parpol cukup terbuka untuk mendorong partisipasi pemilih dalam Pilkada yang akan datang dan Parpol dapat memberikan pendidikan politik kepada masyarakat termasuk anggota Parpol terkait hak memilih dan dipilih,” ujar dia.

Organisasi Masyarakat (Ormas), lanjut dia, juga ikut serta berperan penting untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan pilkada. 

Untuk itu diperlukan peran serta Ormas untuk bertemu atau berkomunikasi dengan masyarakat. 

“Diharapkan Ormas memberikan kontribusi sebagai penyelenggara ataupun peserta pemilih dan juga mengedukasi masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas,” kata dia.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Buka Peransaka, Ajak Seluruh Kader Sinergi dan Kolaborasi Menuju Indonesia Emas 2045

Sementara Kabid Ormas dan Politik Dalam Negeri Bakesbangpol Pangku Hazaroni dalam laporannya mengungkapkan, maksud digelarnya kegiatan Forum Komunikasi Sosial Politik dalam rangka mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024. 

Untuk memberikan bekal pengetahuan dan pemahaman dalam rangka memantapkan semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan bangsa terkait isu-isu terkini terutama menjelang pemilihan kepala daerah (pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan pemilihan bupati/wakil bupati) demi menciptakan dan memelihara iklim kondusif serta menuntut keikutsertaan secara aktif seluruh lapisan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan nasional khususnya di Kabupaten Lampung Barat. 

Sedangkan tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk membantu mengingatkan kepada Pengurus Partai Politik dan Ormas/LSM agara bisa mengambil perannya masing masing sehingga pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 dapat berlangsung dengan baik, aman dan damai.

“Peran masyarakat juga secara keseluruhan sangat menentukan sukses tidaknya pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024,” ujar dia seraya menambahkan, peserta terdiri dari pengurus Parpol dan pengurus Ormas/LSM yang mendapatkan bantuan hibah keuangan di Bakesbangpol tahun anggaran 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: