Hari Kedua PIN Polio Camat Kebun Tebu Kembali Turun Lakukan Monitoring

Hari Kedua PIN Polio Camat Kebun Tebu Kembali Turun Lakukan Monitoring

Pelaksanaan PIN Polio di Kecamatan Kebun Tebu--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Hari kedua pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio, di wilayah Kecamatan Kebun Tebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terpantau Camat Ernawati, SE, di dampingi Kepala Puskesmas Hendri Saputra, S.Kep, Ners. kembali terjun ke lapangan dan ikut langsung memberikan tetesan vaksin Polio pada Rabu 24 Juli 2024.

Pada kesempatan itu, Camat dan Kepala Puskesmas yang masuk dalam tim satu melakukan imunisasi polio di SD 1 Pura Jaya, TK Satu Atap dan di posyandu Pura Jaya. 

Sementara tim dua yang dipimpin Sekcam melakukan di SDN 2 Dan di TK Darma Wanita Pura Jaya. 

Pihaknya, menyebutkan imunisasi polio penting diberikan menyeluruh kepada anak-anak dari usia 0 sampai 7 tahun, karena itu kehadiran dirinya selain memonitor pelaksanaan di lapangan juga salah satu upaya dalam mensupport baik petugas maupun anak-anak yang mengikuti. 

BACA JUGA:Pekon Trimulyo Salurkan Bantuan Program Ketahanan Pangan Hewani 30 Ekor Kambing Indukan

"Sesuai jadwal yang telah ditentukan kegiatan PIN Polio ini akan dilaksanakan hingga Sabtu mendatang, Dan untuk memastikan semua sasaran tersentuh, juga nantinya akan dilakukan sumping yakni tugas berkunjung dari rumah ke rumah," terangnya.

Oleh sebab itu pihaknya meminta dukungan kepada orang tua khususnya untuk dapat memanfaatkan waktu atau membagi waktu untuk mengantarkan putra-putri masing-masing agar diberikan vaksin tetes polio. 

Sementara kepala Puskesmas Hendri Saputra menyampaikan secara rasional target PIN Polio tersentuh 95 persen, namun di kecamatan itu pihak Puskesmas bersama tim kecamatan akan mengupayakan mencapai 100 persen, dengan akan menerapkan sweeping jika memang masih ada sasaran yang belum berkunjung ke fasilitas yang disiapkan seperti untuk anak di sekolah dan yang belum mengenyam pendidikan di pos PIN masing-masing wilayah atau pekon.

Pada kesempatan itu pihaknya menyampaikan juga jika ada masyarakat yang alamat domisilinya berbeda namun masih lingkup kabupaten itu tetap terlayani dan petugas akan melakukan koordinasi laporan kontak entri sistem. 

BACA JUGA:Dandim 0422 Lampung Barat Perintahkan Seluruh Anggota dan PNS Cek Urine, Ini Hasilnya

Hendri menerangkan tujuan dari kegiatan PIN ini adalah untuk memutus transmisi penularan virus polio, serta mencegah KLB penyakit polio. 

"Pencanangan PIN Polio ditandai dengan imunisasi kepada anak usia bayi, anak usia bawah dua tahun (Baduta), anak usia pra sekolah atau PAUD/TK, dan anak usia sekolah dasar," imbuhnya. 

Karena itu pihaknya juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan PIN Polio, yang pelaksanaannya dilakukan secara gratis, dan juga tidak memandang status imunisasi.

"Saat ini tidak ada kendala dalam pelaksanaan PIN Polio, karena khususnya di Kecamatan Kebun Tebu, dekat dan mudah ditempuh walaupun ada sebagian warga yang tidak berada di rumah atau masih melakukan rutinitas di perkebunan dengan membawa anak. Dan itu juga telah informasikan untuk menyisakan waktu mengikuti PIN Polio,” pungkasnya. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: