70.517Ekor Sapi Lahir Lewat Program Sikomandan,Pj Gubernur Samsudin:Penting Perilaku Kerja Prestatif ASN

70.517Ekor Sapi Lahir Lewat Program Sikomandan,Pj Gubernur Samsudin:Penting Perilaku Kerja Prestatif ASN

Pj Gubernur Lampung Samsudin saat menjadi pembina upacara apel bulanan di lingkungan Pemprov Lampung --

MEDIALAMPUNG.CO.ID - Penjabat (Pj) Gubernur Lampung Samsudin menekankan pentingnya perilaku kerja prestatif bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal itu sampaikan saat menjadi pembina upacara bulanan bagi seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, yang berlangsung di Lapangan Korpri, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Bandar Lampung, pada Rabu 17 Juli 2024.

Dalam amanatnya, Pj Gubernur Samsudin menjelaskan bahwa subsektor peternakan menjadi salah satu komponen yang berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung. 

Hal ini terbukti dari laju pertumbuhan Pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) subsektor peternakan yang tertinggi dibandingkan subsektor lainnya dengan pertumbuhan sebesar 7,01% pada tahun 2023.

BACA JUGA:Pj Gubernur Samsudin Dukung Penuh Upaya Lampung Pertahankan Peringkat 10 Besar di PON XXI Mendatang

"Peningkatan jumlah penduduk turut andil dalam peningkatan konsumsi protein hewani. Ini menjadi peluang bagi sektor pertanian, khususnya subsektor peternakan, untuk terus berkembang yang diwujudkan melalui peningkatan SDM peternakan dan kesehatan hewan serta hilirisasi produk peternakan," kata Samsudin.

Samsudin juga menyampaikan kegiatan prioritas tahun 2024 untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak, antara lain program Sikomandan (Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri), di mana sampai dengan Juni telah lahir pedet (anak sapi) sebanyak 70.517 ekor.

Selanjutnya, Samsudin menjelaskan tentang pengembangan potensi pakan melalui optimalisasi teknologi pengolahan pakan serta pengawasan dan pemeriksaan mutu pakan. 

Pengembangan kawasan korporasi peternakan diharapkan dapat meningkatkan nilai produksi dengan sinergi dan kolaborasi antar pihak dari hulu sampai ke hilir, serta program prioritas lainnya.

BACA JUGA:Pembukaan MPLS Peserta Didik Baru,Pj Gubernur Samsudin Soroti 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan

Samsudin menekankan nilai-nilai perilaku kerja prestatif yang harus menjadi landasan dalam menjalankan program pemerintah dan pembangunan. Menurutnya, kerja prestatif adalah komitmen untuk bekerja dengan ikhlas, cerdas, keras, dan tuntas.

"Inilah yang harus dimiliki oleh semua ASN. Terkait upacara ini, saya minta Kepala-Kepala OPD untuk mengecek semua perangkatnya dan memastikan kehadiran mereka. Ini adalah salah satu bukti komitmen kita untuk bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh, yang ditunjukkan melalui upacara ini," ujarnya.

Samsudin menambahkan bahwa memasuki bulan Juli, peran ASN semakin krusial dalam mendukung penyerapan anggaran daerah dan kualitas pelayanan publik. 

"Penyerapan anggaran daerah bukan hanya tentang memenuhi target anggaran, tetapi juga tentang bagaimana kita mampu mengelola sumber daya yang ada dengan cerdas dan efektif untuk kepentingan masyarakat Lampung secara menyeluruh," ujar  Samsudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: