Keindahan Alam Bukit Bawang Bakung Mulai Ditinggalkan Wisatawan Akibat Infrastruktur Rusak

Keindahan Alam Bukit Bawang Bakung Mulai Ditinggalkan Wisatawan Akibat Infrastruktur Rusak

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Wisata alam Bukit Bawang Bakung, yang berada di Pekon Negeri Ratu, Kecamatan Batu Brak, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), kini tak lagi ramai.

Infrastruktur jalan yang rusak, diperparah dengan putusnya jembatan hingga isu hoax  menyebabkan destinasi wisata yang menjadi primadona pada masanya itu kini perlahan ditinggalkan.

Berjarak 10,8 kilometer atau dengan waktu tempuh 25 menit dari pusat Kota Liwa, destinasi wisata kabut sunrise tersebut kini tampak tak terawat, rumput ilalang tampak menutupi sebagian besar lokasi yang biasanya menjadi tempat pada wisatawan mendirikan tenda untuk bermalam, menanti keindahan kabut di pagi hari.

Salah seorang pengelola Wisata Alam Bukit Bawang Bakung Sarip mengaku bahwa saat ini jumlah kunjungan mengalami penurunan drastis, bahkan rombongan awak media yang berkunjung, menjadi kunjungan pertama yang tercatat dalam dua bulan terakhir. 

BACA JUGA:Bawa Sabu ke Pasar, Wanita Pedagang Sayur Ini Diringkus Polisi

Pria dengan perawakan sedang itu mengaku beberapa penyebab penurunan jumlah wisatawan yakni, faktor infrastruktur jalan yang mengalami kerusakan parah di beberapa titik, putusnya jembatan serta isu hoax penemuan mayat.

"Jalannya sekarang rusak parah, apalagi ditambah jembatan putus, sehingga dari bawah itu sekitar satu kilometer hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor," ungkapnya.

"Belum lagi beberapa bulan lalu telah terjadi penemuan mayat wanita tanpa identitas di pekon tersebut, meskipun lokasinya berada jauh dari destinasi wisata ini, tetapi ada oknum yang sengaja menyebarkan hoax bahwa penemuannya disini, sehingga itu sangat merugikan," sambungnya.

Sejak kejadian putusnya jembatan, lanjut Sarip, dan ditambah belum lagi mereda hoax penemuan mayat, banyak wisatawan yang mengurungkan niat untuk berwisata ke destinasi  tersebut.

BACA JUGA:Transaksi Narkoba di Lapangan, 2 Orang Pria Diamankan oleh Polisi di Pesawaran Lampung

"Bahkan ada yang sudah pernah booking tempat berkemah tetapi tidak jadi dan mereka memutuskan untuk putar balik arah karena pengunjung kalau denger kabar jalannya jelek ya mereka mending enggak usah naik," ujarnya.

Dilain pihak Rifaie Arif, salah satu pengunjung mengaku keindahan alam Bukit Bawang Bakung kini tertutup oleh infrastruktur yang rusak.

Sehingga banyak wisatawan mulai meninggalkan destinasi wisata tersebut dan mencari alternatif lain.

"Destinasi wisata ini sangat bagus ketika adanya pengelolaan yang baik sebab wisata tersebut menyajikan pemandangan alam Lampung Barat yang asri terlebih dapat melihat gunung tertinggi di Lampung yakni Gunung Pesagi dengan jelas, namun sayangnya akses menyebabkan destinasi wisata ini mulai ditinggalkan," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: