Tunjang Pangan Warga, Pemerintah Pekon Gunung Terang Salurkan 250 Ekor Bebek Petelur

Tunjang Pangan Warga, Pemerintah Pekon Gunung Terang Salurkan 250 Ekor Bebek Petelur

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Dibawah kendali Penjabat (Pj) Peratin Muhammad Irfan, S.E., target program Ketahanan Pangan memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD) Pekon Gunung Terang, Kecamatan Air Hitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terealisasi. Bahkan memberikan harapan cerah bagi masyarakat dalam meningkatkan ekonomi. 

Adalah ternak bebek (itik) petelur, menjadi bagian dari realisasi pemanfaatan Dana Desa bidang Ketahanan Pangan sebagaimana arah sasaran yang diharapkan pemerintah yakni pengentasan kemiskinan dampak covid-19, inflasi ekonomi dan musim kemarau 2023 lalu.

Dengan memanfaatkan Dana Desa dengan anggaran Rp.55.865.000, dikelola warga yang tergabung dalam kelompok peternak, dengan memperoleh bantuan 250 ekor bebek, berikut kandang dan pakan.

Ternak bebek petelur yang digulirkan tersebut, berupa indukan bebek yang siap bertelur bahkan ditargetkan satu bulan dipelihara sudah mulai berproduksi. 

BACA JUGA:Upaya Cegah Tindak Kejahatan, Pekon Sukaraja Tetapkan Tiga Peraturan Jual Beli Hasil Bumi

Disampaikan Irfan, bantuan lunak ketahanan tersebut sebagai dasar bagi warga yang tergabung dalam kelompok untuk terus dikembangkan sehingga usaha bebek petelur betul-betul mampu menjadi sumber tambahan ekonomi masyarakat.

Dirinya sangat optimis jika program ketahanan pangan bebek bertelur akan dapat dikembangkan sebab mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani, kemudian ketersediaan lahan ternak, dan kondisi cuaca yang juga tepat. Artinya tinggal bagaimana kemauan warga dalam usaha itu. 

Irfan yang juga Kasi Kesra Kecamatan Air Hitam, berharap diawali 250 ekor bebek, menjadi cikal bakal Pekon Gunung Terang menjadi salah satu pekon penghasil telur bebek yang juga memberikan dampak peningkatan kesehatan dengan warga semakin dimudahkan dalam konsumsi telur yang sarat protein dn vitamin untuk tumbuh kembang anak dan kesehatan dewasa. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: