Konsisten, Masjid Al-Hidayah Bagikan Daging Kurban dengan Besek Bambu

Konsisten, Masjid Al-Hidayah Bagikan Daging Kurban dengan Besek Bambu

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Panitia kurban masjid Al-Hidayah, Pemangku Lioh Buntor, Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), kembali melaksanakan penyembelihan hewan kurban dalam rangka hari raya Idul Adha 1445 Hijriyah.

Dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, Senin 17 Juni 2024, panitia pemotongan hewan kurban masjid Al-Hidayah tetap dalam mengurangi penggunaan plastik saat membagikan hewan kurban ke penerima.

Dalam pengemasan daging kurban yang dibagikan ke penerima, panitia kurban mengganti wadah plastik menggunakan besek bambu, hal itu sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di tengah masyarakat dan sudah berlangsung selama tiga tahun terakhir.

Ketua Panitia Kurban Masjid Al-Hidayah Haidir, mengatakan tahun ini merupakan kali ke tiga Masjid Al-Hidayah Lioh Buntor melaksanakan penyembelihan hewan kurban, kemasan yang digunakan untuk daging kurban tetap besek bambu sama seperti yang dilaksanakan dua tahun terakhir.

 

“Besek bambu yang kita siapkan sudah beserta dengan penutupnya, sehingga lebih aman. Hal itu sebagai salah satu komitmen kami dalam mengurangi penggunaan plastik,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan kurban tahun ini Masjid Al-Hidayah menyembelih lima ekor sapi dan tiga ekor kambing, dari jumlah itu disiapkan 523 kupon yang disebar ke masyarakat di lingkungan masjid Al-Hidayah.

“Ada 523 kupon yang kita sebar ke masyarakat, masing-masing kupon mendapatkan daging kurban seberat 0,8 kilogram, jumlah itu disesuaikan dengan taksiran daging hewan kurban,” jelasnya

Dikatakannya, daging kurban itu telah dibagikan kepada masyarakat penerima mulai dari pengurban, masyarakat lioh buntor, warga luar yang beraktivitas rutin di dalam lingkungan lioh buntor.

“Jumlah sasaran penerima hewan kurban tahun ini cukup banyak, jadi hampir semua masyarakat yang ada di pemangku lioh buntor mendapatkan daging kurban,” terangnya.

Pihaknya berharap, dengan adanya aktifitas pemotongan hewan kurban itu dapat menjadi salah satu aktivitas syiar islam masjid Al-Hidayah ke masyarakat, serta dapat menjadi wadah bagi masyarakat yang ingin berkurban.

“Kami berharap syiar islam melalui masjid Al-Hidayah akan semakin meningkat dan dampak baiknya dirasakan oleh masyarakat sehingga masjid akan semakin makmur,” pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: