Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah, Rutan Krui Gelar Sholat Id dan Potong Hewan Kurban

Rayakan Idul Adha 1445 Hijriah, Rutan Krui Gelar Sholat Id dan Potong Hewan Kurban

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Rumah Tahanan negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan sholat Idul Adha 1445 Hijriah, sekaligus melaksanakan pemotongan hewan kurban di Rutan setempat, Senin 17 Juni 2024.

Kegiatan yang diawali dengan takbiran bersama di aula Rutan Krui tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Rutan Krui Fajar Ferdinan, A.Md.IP, S.H, M.H., didampingi Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (KPR) Jonli Oswan, S.H., Kasubsi Pelayanan Tahanan Murtazal, S.H, M.M., perwakilan penyuluh agama dari Kemenag Pesbar Syaiful Muarifin, serta pegawai dan juga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) muslim yang ada di Rutan setempat.

Dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Krui, Fajar Ferdinan, menyampaikan bahwa, Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah yang dilaksanakan ini merupakan momentum yang harus dilaksanakan dengan baik, hal itu tentu sebagai upaya dalam rangka memperkuat keimanan dan ketaqwaan bersama.

Untuk itu, diharapkan kepada semua pegawai, petugas maupun warga binaan di Rutan Krui ini dapat memanfaatkan momen Hari Raya Idul Adha tersebut.

BACA JUGA:Mengan Babakhong Jadi Tradisi Warga Kampung Sawah Usai Sholat Idul Adha

“Kegiatan yang dilaksanakan ini salah satunya juga bertujuan untuk memberikan manfaat sekaligus sebagai bentuk pembinaan maupun pembelajaran bagi para warga binaan di Rutan Krui ini,” katanya.

Karena itu, lanjutnya, dalam momen Hari Raya Idul Adha di Rutan Krui ini juga sekaligus dilakukan penyembelihan ataupun pemotongan hewan kurban, salah satunya sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT, dan juga untuk mengenang serta memaknai kisah Nabi Ibrahim yang rela untuk mengorbankan putranya yakni Ismail atas perintah Allah SWT.

“Untuk itu, sebagai umat muslim kita wajib memaknai Idul Adha ini dengan kebersamaan. Mudah-mudahan dengan perayaan Idul Adha di dalam Rutan Krui ini semua warga binaan juga dapat memetik hikmahnya, agar kedepan bisa menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Diketahui, setelah pelaksanaan sholat Idul Adha tersebut dilanjutkan dengan bersalam-salaman antara warga binaan dan petugas Rutan Krui. 

BACA JUGA:Warga Kelurahan Pajar Bulan Antusias Melaksanakan Kurban Lebaran Idul Adha

Kegiatan tersebut juga ditutup dengan pemotongan hewan kurban berupa empat ekor kambing yang dilaksanakan di area branggang Rutan setempat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: