BPIP Sesalkan Langkah Kristianie, Calon Paskibraka dari Maluku Terhalang Kondisi Kesehatan

BPIP Sesalkan Langkah Kristianie, Calon Paskibraka dari Maluku Terhalang Kondisi Kesehatan

Kristianie, Calon Paskibraka dari Maluku yang batal mengikuti veriļ¬kasi di tingkat pusat--

MEDIALAMPUNG.CO.ID – Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menyampaikan penyesalan atas batalnya Kristianie Lumatalale, salah satu bakal calon terbaik Paskibraka dari Provinsi Maluku, untuk mengikuti verifikasi di tingkat pusat.

Kristianie yang bercita-cita menjadi Paskibraka Tingkat Pusat harus berhenti di tingkat provinsi karena kondisi kesehatannya.

BPIP menjelaskan bahwa setiap calon Paskibraka yang akan mengikuti verifikasi di tingkat pusat diwajibkan untuk menjalani pemeriksaan kesehatan yang komprehensif. 

Pemeriksaan tersebut meliputi tes darah lengkap, fungsi ginjal (ureum kreatinin), fungsi hati (SGOT, SGPT), tes penyakit menular (anti HIV, VDRL, TPHA), tes urine, EKG, dan rontgen Thorax PA. 

BACA JUGA:Nyuci Baju di Sungai, IRT di Tanggamus Diserang Buaya Muara

Hasil dari pemeriksaan ini kemudian disampaikan kepada Panitia Pusat untuk diverifikasi.

Berdasarkan hasil verifikasi administrasi kesehatan oleh Panitia Pusat BPIP, Kristianie Lumatalale dinyatakan memiliki catatan medis yang tidak memenuhi persyaratan kesehatan calon Paskibraka Tingkat Pusat. 

BPIP telah mengirimkan surat resmi kepada Ketua Panitia Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi Maluku untuk menggantikan Kristianie dengan calon lain berdasarkan urutan peringkat hasil seleksi di tingkat provinsi, disertai hasil medical check-up.

Dalam surat resmi BPIP nomor 1715/PE.00.04/06/2024 tanggal 7 Juni 2024, BPIP menyampaikan bahwa jika Kristianie tetap ingin mengikuti kegiatan verifikasi di tingkat pusat, ia harus menyertakan Surat Pernyataan dari Orang Tua atau wali yang menerangkan bahwa mereka mengizinkan dan bertanggung jawab terhadap kondisi kesehatan maupun fisik Kristianie selama mengikuti kegiatan di Jakarta. 

BACA JUGA:Simpan Sabu, Drivel Ojol di Bandar Lampung Ini Diamankan Polisi

Meski tidak lolos ke tingkat pusat, Kristianie masih dapat berpartisipasi dalam proses Paskibraka di tingkat Provinsi Maluku.

BPIP mengimbau kepada semua bakal calon Paskibraka untuk selalu menjaga kesehatan.

Kesiapan fisik dan mental yang prima sangat diperlukan untuk keberhasilan pelaksanaan tugas sebagai Paskibraka dalam Upacara Kenegaraan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: