Pekan Fest Road to Melasti, Upaya Pemkab Pesisir Barat Kembangkan UMKM

Pekan Fest Road to Melasti, Upaya Pemkab Pesisir Barat Kembangkan UMKM

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID — Bupati Pesisir Barat (Pesbar) Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Rabu 12 Juni 2024 membuka Pekan Festival (Pekan Fest) tahun 2024, Food Festival Road to Melasti, yang dipusatkan di Pantai Melasti, Pekon Marang Kecamatan Pesisir Selatan.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Pesbar A.Zulqoini Syarif, S.H., Pj.Sekda Pesbar Drs.Jon Edwar, M.Pd., Pembina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pesbar, Ny. Hj. Septi Heri Agusnaini, S.E, M.H., anggota DPRD Pesbar yang juga ketua PHDI Pesbar, Gusti Kade Artawan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat, para Camat, Peratin, pelaku UMKM, dan masyarakat setempat.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan (Diskopdag) Pesbar selaku ketua pelaksana kegiatan, Siswandi, S.Kom, M.H., mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan secara partisipatif dan kolaboratif yang diikuti oleh 140 pelaku UMKM yang ada di kabupaten setempat.  

Dengan dilaksanakannya kegiatan itu akan memberikan ruang bagi para pelaku UMKM dalam mempromosikan produknya dan meningkatkan daya beli masyarakat.

BACA JUGA:DKP Lambar Sosialisasi B2SA Goes To Posyandu Lokus Intervensi Stunting Pekon Pampangan

“Di Kabupaten Pesbar saat ini sudah ada komunikasi bagi para pelaku UMKM, sehingga diharapkan kedepan bisa lebih memajukan pelaku UMKM di wilayah ini,” katanya.

Sementara itu, pembina UMKM Pesbar, Ny. Hj. Septi Heri Agusnaini, mengatakan, Pekan Fest itu akan terus menjadi agenda rutin setiap tahun, di 2023 lalu kegiatan Pekan Fest dilaksanakan di Kecamatan Lemong, dan di tahun 2024 dipusatkan di pantai Melasti Kecamatan Pesisir Selatan. 

Pantai Melasti merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Pesbar, sehingga diharapkan kedepan  dapat mendongkrak destinasi wisata itu.

“Kita juga berharap kegiatan ini akan terus mendongkrak dan memajukan para pelaku UMKM di Kabupaten Pesbar ini,” ujarnya.

BACA JUGA:Komisi II DPR RI Apresiasi dan Dorong Perkuatan Kelembagaan BPIP

Ditempat yang sama, Bupati Pesbar, Agus Istiqlal, dalam kesempatan itu mengatakan, Pemkab memiliki peran yang sangat krusial dalam memanfaatkan serta mengembangkan potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. 

Upaya itu dilaksanakan dengan cara menggali dan mengembangkan potensi secara optimal, merangsang pertumbuhan dan pengembangan ekonomi daerah bagi perekonomian masyarakat. 

Upaya mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dilakukan dengan dukungan program yang melibatkan Pemerintah maupun masyarakat dalam mengembangkan UMKM.

“Sehingga akan tercipta lapangan pekerjaan, meningkatnya pendapatan masyarakat, dan berkembangnya UMKM,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: