Dilanda Hujan Deras, Satu Rumah Warga Terdampak Longsor

Dilanda Hujan Deras, Satu Rumah Warga Terdampak Longsor

--

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID – Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Sukau, Kabupaten Lampung Barat pada Selasa Malam 11 Juni 2024 mengakibatkan bencana longsor yang menimpa salah satu rumah warga di Pemangku Karya Jaya, Pekon Buay Nyerupa.

Tidak ada korban dalam kejadian itu, hanya saja dinding rumah milik Darman, jebol akibat tertimpa tanah longsor yang disebabkan oleh ambrolnya bronjong penahan tebing. 

Pasca kejadian, tepatnya pada Rabu pagi 12 Juni 2024, Camat Sukau Juremiyudi didampingi Pj Peratin Buay Nyerupa Edi Alekson dan aparatur pekon melakukan peninjauan ke lokasi.

Di kesempatan itu, Pj Peratin Buay Nyerupa Edi Alekson S,IP, mengatakan ambrolnya bronjong penahan tebing tersebut terjadi ditengah guyuran hujan deras yang terjadi sejak sore hingga malam pada Selasa (11 Juni 2024).

BACA JUGA:Aparat Pekon di Kecamatan Way Tenong Ikuti Sosialisasi Pengadaan Barang dan Jasa

“Alhamdulillah tidak ada korban, dan kerusakan terjadi pada dinding rumah hingga jebol dan hari ini warga bergotong royong membantu memperbaiki talud penahan tanah yang rusak serta memperbaiki dinding rumah dengan dukungan material dari pemerintah pekon,”ujarnya.

Mengingat bencana yang mengakibatkan kerugian material itu, pihaknya telah menyampaikan laporan ke OPD terkait yang diharapkan dapat segera ditindaklanjuti.

Selanjutnya, untuk meminimalisir dampak yang terjadi, pihaknya memberi arahan kepada masyarakat setempat untuk membuat pembatas jalan sekaligus berjaga di lokasi, karena dikhawatirkan akan adanya bencana longsor susulan.

“Kami Mengimbau kepada masyarakat agar waspada dan selalu berhati-hati mengingat saat ini curah hujan masih sangat tinggi,”imbuhnya.

BACA JUGA:Pj Peratin Cipta Mulya Apresiasi Hasil Pengerjaan Jalan Rabat Beton Gg Delima

Sekadar diketahui, sebelumnya Berdasarkan buletin cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, cuaca ekstrim yakni hujan disertai angin kencang masih akan melanda   sejumlah wilayah di Kabupaten Lampung Barat hingga pertengahan Juni 2024.

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar menghimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir, longsor maupun pohon tumbang.

Kepala pelaksana BPBD Lambar Padang Prio Utomo mengatakan langkah antisipasi dan kesiapsiagaan terus dilakukan oleh pihak BPBD. 

“Jadi kami imbau warga waspada, karena curah hujan akan terus meningkat. Tim BPBD melalui Pusdalops sendiri kami pastikan selalu siap baik antisipasi maupun penanganan kedaruratan,”kata Padang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: