Menpora RI Resmi Buka Event WSL Krui Pro QS 5000 Tahun 2024

Menpora RI Resmi Buka Event WSL Krui Pro QS 5000 Tahun 2024

--

PESBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Ario Bimo Nandito Ariotedjo, secara resmi membuka event World Surf League (WSL) Krui Pro QS 5000 tahun 2024, yang dipusatkan di Pantai Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Selasa 28 Mei 2024.

Dalam kegiatan event internasional itu juga dihadiri Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Wakapolda Lampung Brigjen Pol Dr. Ahmad Ramadhan, S.H, M.Si, M.H., Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Agus Istiqlal, S.H, M.H., Wakil Bupati A.Zulqoini Syarif, S.H., Kapolres Pesisir Barat AKBP Alsyahendra, S.I.K, M.H., Dandim 0422/Lambar Letkol Inf Rinto Wijaya, S.A.P., M.I.Pol., M.Han, Ketua TP-PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal, Ketua TP PKK Kabupaten Pesbar Septi Istiqlal, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), unsur Forkopimda serta pihak terkait lainnya.

Bupati Pesbar Agus Istiqlal, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Mengingat kegiatan ini merupakan event tahunan yang diselenggarakan oleh Pemkab setempat. 

Dalam kesempatan ini pihaknya berharap agar di Kabupaten Pesbar juga dapat dibangun surfing center atau wisma para atlet surfing yang dipusatkan di lokasi ini yakni di kawasan wisata Tanjung Setia yang memang merupakan lahan milik Pemkab setempat.

BACA JUGA:Tabung Oksigen Bocor, Rumah Sakit Graha Husada Pastikan Tidak ada Kendala Dalam Pelayanan

“Pemkab berharap dukungan dari Kemenpora RI untuk dapat membangun surfing center di lokasi ini, mengingat olahraga surfing ini juga masuk dalam olimpiade. Dengan adanya surfing center ini tentu kedepan dapat mendukung para atlet surfing,” ungkapnya.

Dikatakannya, kegiatan Krui Pro 2024 yang akan berlangsung mulai 28 Mei 2024 sampai 4 Juni 2024 mendatang, juga diharapkan tidak hanya sebatas kejuaraan surfing internasional semata. 

Namun lebih dari pada itu, dengan adanya kegiatan ini Pemkab setempat dapat mengenalkan budaya dan adat istiadat Kabupaten Pesbar, budaya Kabupaten tetangga, budaya Provinsi Lampung, bahkan budaya indonesia kepada dunia internasional melalui kehadiran atlet dari berbagai mancanegara.

“Hal ini tentunya merupakan kebanggaan untuk kami sekaligus juga merupakan tantangan kita bersama untuk menjadikan Krui Pro sebagai salah satu icon pariwisata nasional dan Kabupaten Pesisir Barat sebagai destinasi wisata unggulan nasional,” jelasnya.

BACA JUGA:Jumlah TPS Pada Pilkada Lampung Barat 524, Tapi Masih akan Dievaluasi

Selanjutnya, kata dia, kegiatan ini tentunya dapat dilihat juga dari sisi usaha Pemkab Pesbar dalam rangka meningkatkan ekonomi masyarakat melalui event pariwisata, dengan harapan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, berkembangnya UMKM dan industri kreatif, sehingga diharapkan investor tertarik untuk dapat menanamkan modalnya pada seluruh sektor pembangunan di Kabupaten Pesbar ini.

“Kegiatan ini merupakan bentuk komitmen dari Pemkab setempat untuk mensejahterakan masyarakat demi terwujudnya Kabupaten Pesbar yang amanah, maju dan sejahtera dalam kerangka mencapai visi indonesia emas 2045,” jelasnya.

Ditambahkannya, Krui Pro 2024 merupakan kejuaraan surfing internasional keenam yang diselenggarakan oleh Pemkab Pesbar, setelah sebelumnya pada 2017 lalu telah dilaksanakan WSL Krui Pro 2017 QS 1000, tahun 2018 WSL Krui Pro 2018 QS 1500 dan Krui Pro 2019 QS 3000, serta tahun 2022-2024 WSL Krui Pro QS 5000.

“Kami juga meminta dukungan, baik pendanaan, promosi juga dukungan moril untuk kejuaraan Krui Pro 2025 mendatang. Terkait hal itu, kami berharap kepada Menpora RI untuk dapat mengagendakan event ini masuk dalam rangkaian 100 event kalender pariwisata nasional tahun 2025,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: