Sempat Melonjak, Harga Bawang di Lampung Barat Berangsur Turun

Sempat Melonjak, Harga Bawang di Lampung Barat Berangsur Turun

Ilustrasi harga bawang merah-AI Image Generator-

LAMBAR, MEDIALAMPUNG.CO.ID - Harga bawang merah yang dijual di sejumlah pasar di Kabupaten Lampung Barat, kini berangsur turun.

Bawang merah sempat di jual dengan harga Rp60.000-Rp70.000/kilogram namun saat ini turun menjadi Rp45.000/Kg.

“Untuk harga bawang merah hasil pantauan kita di Pasar Liwa sudah mulai berangsur turun yaitu Rp45.000/Kg, bahkan di warung warung sembako sudah ada yang menjual Rp40.000/kg,” ungkap Kabid Perdagangan Heriyanto mendampingi Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Tri Umaryani, Kamis 16 Mei 2025.

Heriyanto mengungkapkan harga bawang beberapa waktu lalu sempat naik dikarenakan petani bawang di Pulau Jawa belum memasuki musim panen serta kata pedagang biaya transportasi mahal sehingga berdampak naiknya harga bawang. 

BACA JUGA:PT BPRS Lambar Gelar Grand Opening Kantor Kas Krui Pesisir Barat

Menurut dia, Lampung Barat sendiri bukan penghasil bawang merah sehingga untuk pasokan stok bawang masih mengandalkan pengiriman dari Pulau Jawa dan daerah lainnya.

“Kalau stok bawang selama ini ini kita masih mengandalkan dari luar daerah, karena daerah kita ini bukan penghasil bawang,” kata dia 

Dengan turunnya harga bawang, kata Heriyanto, merupakan kabar gembira bagi masyarakat khususnya kaum ibu ibu dalam hal mencukupi kebutuhan dapur.

“Mudah mudahan harga bawang terus mengalami penurunan dan pendistribusiannya lancar,” harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: